Pj Bupati Kubu Raya Kamaruzaman Luncurkan Gerakan Tanam Cabai di Terentang

4 April 2024 15:36 WIB
Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman saat mencanangkan Gerakan Tanam Cabai Mandiri

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah mencanangkan Gerakan Tanam Cabai Mandiri yang dilakukan Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman.

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman pun mengeluarkan edaran yang meminta seluruh camat untuk mengajak masyarakat menanam cabai di lingkungan pekarangan masing-masing.

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman meluncurkan Gerakan Menanam Cabai di Kecamatan Terentang. Peluncuran gerakan menanam menjadi salah satu upaya pengendalian inflasi pangan sekaligus menjaga ketersediaan komoditas pangan strategis.

“Ada hal yang menarik di Terentang ini. Selain safari Ramadan, kita juga meluncurkan program gerakan menanam cabai. Tadi kita lakukan penanaman di kawasan Inovtan Empening Mandiri di Desa Teluk Empening,” kata Kamaruzaman usai kegiatan.

Ia mengungkapkan nantinya akan kembali lagi ke lokasi untuk memantau secara langsung progres maupun hasil dari penanaman yang telah dilakukan.

“Alhamdulillah, kita sudah lakukan penanaman cabai. Jadi walaupun ini adalah safari Ramadan penutup, kita nanti tetap akan datang lagi kesini untuk melihat hasil dari gerakan menanam ini,” ungkapnya.

Mengoptimalkan gerakan itu, Kamaruzaman menginstruksikan camat untuk bersinergi dengan para kepala desa dan tokoh masyarakat serta para pihak terkait lainnya di wilayah kecamatan.

“Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian juga harus melakukan monitoring dan evaluasi serta mengoptimalkan fungsi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk memotivasi dan menggerakkan petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan kelompok wanita tani dalam gerakan tanam cabai mandiri ini,” paparnya.

Dengan pencanangan Gerakan Tanam Cabai Mandiri yang dilakukan Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman ini diharap dapat dimaksimalkan oleh masyarakat Kubu Raya. ***

Leave a comment