Ratusan Karyawan Duta Palma Demo Kejari Pontianak, Desak Mulyanto Dibebaskan

15 Maret 2024 11:28 WIB
Ratusan karyawan Duta Palma, Bengkayang dan mahasiswa menggelar aksi demo di depan kantor Kejaksaan Negeri Pontianak, Jumat (15/3/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ratusan karyawan Duta Palma, Bengkayang dan mahasiswa menggelar aksi demo di depan kantor Kejaksaan Negeri Pontianak, Jumat (15/3/2024).

Mereka mendesak agar Kejari Pontianak melakukan pengangguhan penahanan terhadap Mulyanto, buruh Pelikha (Pejuang Lintas Khatulistiwa) Kabupaten Bengkayang Mulyanto, yang ditangkap Polda Kalbar saat gesekan antara buruh dan Polda Kalbar beberapa waktu lalu.

Korlap ASBS, Asep mengatakan, aksi yang digelar hari ini menuntut Mulyanto ditangguhkan penahanan.

Sebab, Mulyanto dinilai adalah korban kriminalisasi, yang dituduh memprovokasi bentrokan antara buruh dan aparat kepolisian

Unjuk rasa berujung bentrokan itu sendendi karena buruh mempertanyakan haknya yang belum dibayar perusahaan.

Namun, unjuk rasa itu berujung gesekan antar warga dan kepolisian serta perusahaan. Lalu, Mulyanto ditahan karena dianggap melakukan provokasi.

"Tapi Mulyanto tak pernah menghasut kami. Dia merupakan pejuang buruh," kata Asep.

Karena itu Asep mendesak, kejaksaan menangguhkan penahanan terhadap Mulyanto. Sebab, sudah ada ratusan buruh yang sudah memberikan jaminannya untuk Mulyanto.

" Kita berharap menjadi perhatian pihak kejaksaan,” ujarnya.

Sementara itu, salah massa yang lain turut menyuarakan hal serupa. Ia meminta penegak hukum punya naluri dan nalar yang bagus. Mereka berpendapat Mulyanto ada pejuang.

"Mulyanto telah memperjuangkan kami. Tidak mungkin Mulyanto melakukan perbuatan yang dituduhkan," katanya.

Ia meminta penegak hukum punya naluri dan punya nalar. Jangan sembrono dalam menegakkan aturan.

"Kami minta Mulyanto dibebaskan," tegasnya.

Untuk diketahui aksi ini dikawal ratusan aparat penegak hukum. Kejari Pontianak, Yulius Sigit Kristanto menemui massa secara langsung.

Pascapertemuan ini, massa meninggalkan gedung Kejaksaan Negeri Pontianak dan pergi ke Lapas Pontianak untuk menemui Mulyanto.(andi)***

Leave a comment