PLN Sambung Listrik 230 Pelanggan di Jakarta

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com - PLN melakukan penyambungan listrik serentak kepada 230 pelanggan di wilayah Jakarta dengan total daya tersambung mencapai 36 juta Volt Ampere (VA), Rabu (28/2/2023).

Kegiatan ini sejalan dengan komitmen PLN untuk memberikan pelayanan kelistrikan prima dalam mewujudkan Jakarta menjadi Kota Global.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa langkah ini semakin mengukuhkan peran PLN yang tidak hanya sebagai penyuplai energi, tetapi juga sebagai motor penggerak ekonomi di Jakarta.

“Listrik merupakan komponen penting dalam menjalankan bisnis, kemudahan berbisnis Indonesia menempati peringkat 6 terbaik di Asia Tenggara dan peringkat 73 skala global. Listrik mendapatkan poin paling besar sebagai aspek kemudahan dalam berbisnis,” ujar Darmawan.

Pada kesempatan ini pelanggan yang dilakukan penyambungan listrik secara serentak terdiri dari pelanggan sektor industri, bisnis, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Di mana UMKM merupakan usaha yang menyerap tenaga kerja terbesar di seluruh Indonesia.

Project Coordinator Karyagraha Nusantara, Mario Andrew sebagai salah satu pelanggan besar yang dilakukan penyambungan listrik mengapresiasi seluruh jajaran PLN atas kecepatan dan kemudahan layanan penyambungan listrik. Karyagraha melakukan penyambungan listrik sebesar 18 juta VA untuk pembangunan Gedung Cyber 4 miliknya.

“Pembangunan gedung Cyber 4 diperuntukkan sebagai data center yang diperkirakan akan mulai beroperasi di tahun ini. Proses penyambungan baru dengan daya besar sekalipun bisa direalisasikan dengan waktu yang cepat dengan pelayanan yang baik,” ungkap Mario.

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran mengatakan penyambungan listrik serentak ini sejalan dengan komitmen PLN untuk melakukan percepatan dan peningkatan layanan kelistrikan dalam mewujudkan Jakarta menjadi Kota Global.

“Penyalaan serentak sebanyak 230 pelanggan ini menunjukkan bahwa PLN siap melayani seluruh pelanggan yang ada di Jakarta. Bukan sesuai kemampuan PLN, tetapi sesuai kebutuhan pelanggan,” ujar Lasiran.

Lasiran menambahkan selama Bulan Februari 2024, pihaknya telah menyambung 21.100 pelanggan di Jakarta dengan total daya 93 juta VA.

PLN juga terus meningkatkan waktu layanan, di mana sebelumnya standar penyambungan pelanggan Tegangan Menengah yaitu 100 hari, menjadi 20 hari.

"Akselerasi penyambungan ini merupakan wujud komitmen PLN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di Jakarta ini di mana pelanggan bisnis besar sampai UMKM banyak tersebar di sini," pungkas Lasiran.***

Leave a comment