Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 KPU Sanggau Dimulai, Terbuka dan Bisa Disaksikan Masyarakat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sanggau menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tingkat Kabupaten, di Gedung DPRD Sanggau Aula lantai II, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua KPU Sanggau, Iis Supianto. Sesuai jadwalnya, Rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten ini akan berlangsung sampai tanggal 3 Maret.

"Tapi jadwalnya nanti sifatnya tentatif ya, bisa jadi lebih awal dari pada itu sesuai kondisi dan situasinya," kata Iis Supiantio .

Pleno rekapitulasi di hari pertama ini dijadwalkan menghitung suara tiga kecamatan. Dimulai dari Kecamatan Mukok, dilanjutkan dengan Kecaman Beduai dan Sekayam.

Peserta rapat pleno juga bersifat terbuka. Namun secara khusus diikuti oleh saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon dewan perwakilan daerah (DPD) dan saksi dari partai politik.

"Sesuai dengan PKPU lima itu, boleh dilakukan kunjungan juga dari warga masyarakat yang ingin menyaksikan,” kata Iis.

“Tapi tentu ini terbatas karena kapasitas ruangan kita, namun untuk memenuhi hak tersebut kita juga telah menyiapkan live streaming yang bisa disaksikan lansung dari youtube KPU Sanggau," katanya.

Menurut lis, sejauh ini proses rekapitulasi manual secara berjenjang dari kecamatan hingga kabupaten berjalan lancar. Sampai detik ini, KPU belum menerima gugatan atau keberatan dari masyarakat atau peserta Pemilu.

"Laporan-laporan tindak pelanggaran dari penyelenggara pun sampai hari ini kami belum mendapat laporan dari teman-teman Bawaslu," tambahnya.

Sekda Sanggau, Kukuh Triyatmaka berharap semua proses atau tahapan Pemilu yang saat ini masih berjalan, bisa selesai dengan situasi aman dan lancar.

Karena itu, ia mengajak semua pihak mempercakakan KPU dan Bawaslu, dalam melaksanakan tahapan, hingga tuntas.

Dukungan semua pihak diperlukan untuk mewujudkan proses demokrasi yang baik, aman adil dan bermartabat.

"Harapannya, untuk masyarakat Sanggau bisa mengikuti proses ini dengan baik. Mekanisme telah ditetapkan melalui ketentuan yang berlaku, pemerintah bersama TNI dan Polri hanya memastikan proses ini bisa berjalan lancar aman dan tanpa gangung," ucapnya.(sar)

Leave a comment