Berikut 5 Menu Khas Melayu yang Selalu Tampil dalam Even Budaya di Kota Pontianak, Ada Rasa Buah hingga Rasa Asam

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Tak kenal Kota Pontaiank Kalimantan Barat jika tak mencicipi berbagai kuliner andalan di kota khatulistiwa tersebut.

Tenang ada banyak makanan khas lokal, terutama makanan kahs Melayu yang wajib, ada baik dalam setiap perayaan pernikahan hingga cara budaya. Biasanya juga jadi hidangan favorit keluarga di sana yaa.

Drai hidangan khas Melayu ini ada yang namanya ikan asam pedas, pacri nanas, nasi kebuli hingga ada sayur dalca lho. Ngiler bukan? Kalian yang datang ke Kota Pontianak wajib mencicipi menu-menu tadi.

Tenang soal rasa, makanan khas lokal Kota Pontianak Kalimantan Barat ini tak kaleng-kaleng lho alias endes dengan kaya bumbu dalam setiap gigitannya, Mua coba? Yuk kalian baca artikel ini sampai habis.

Berikut empat makanan khas lokal masyarakat Melayu di Kota Pontianak:

  1. Bubur Pedas

Nah, kuliner satu ini penuh sejarah akan perkembangan budaya pada masa itu. Bubur pedas aslinya dari Kabupaten Sambas, namun masuarakat Melayu yang mendiami Kota Pontianak mulai menyukai kuliner satu ini.

Bubur pedas bukan berarti pedas yaa tapi bubur penuh sayur dengan daun kesum didalamnya. Aromanya unik dan memikat selera saat hidanganya tersebut dihidangkan.

  1. Nasi Kebuli

Nasi kebuli bukan makanan khas lokal sebenarnya tapi dari negeri nan jauh, Timur Tengah. Namun, karena sama-sama nasi dan banyak penduduk peranakan Arab Melayu yang mendiami kawasan Pontianak, makanya makanan ini bercampur dengan khas lokal hingga saat ini.

Biasanya, nasi kebuli disajikan saat moment-moment spesial khusus, seperti pernikahan atau cara budaya lainnya. Umumnya, karena nasi kebuli cukup mahal, jadi tak setiap hari disantap yaa kecuali memang ada anggaran untuk makan menu ini setiap hari.

Biasanya, untuk membuay nasi kebuli ini ada tehnik khusus terutama ada susu kambing didalmnya. Kmeudian dicampur kaldu daging kambing dan minyak kambing. Sebagai lauk pendampingnya, menggunakan daging kambing atau bisa diganti dengan daging sapi atau ayam. Sesuai selera saja. Belum lagi ditambah rempah-rempah khas yang makin membuat nasi kebuli ini nikmat untuk dicicipi.

  1. Pacri Nanas

Nah, kuliner satu ini kesukaan mimin lho. Namanya pacri nanas. Dari namanya ini terbuat dari buah nanas yang dicampur sejumlah rempah dan santan kental.

Pacri nanas ytak hanya bisa ditemukan di Kota Pontianak tapi sejumlah daerah di Indonesia seperti Banjarmasin, Medan, Riau, Palembang hingga Aceh. Mengapa?: karena masyarakat Melayu cenderung akan membuat menu ini di manapun berada.

Rasanya yang segar dan gurih menambah nafsu makan. Tak heran, jika pacri nanas disajikan nasi panas pasti akan habis.

  1. Ikan Asam Pedas

Ikan asam pedas salah satu kebanggan warga Melayu Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Umumnya, untuk memasak ikan asam pedas paling enak menggunakan ikan air laut karena empuk dan manis.

Di Kota Pontianak, menu ikan asam pedas ini jadi andalan. Banyak restoran hingga wraung pinggir jalan menyajikan menu satu ini. Untuk rasa dan harga, jangan khawatir dengan rasa ikan yang nikmat untuk harga akan menjadi sepadan.

  1. Sayur Dalca

Sayur dalca biasanya jadi pendamping dengan nasi kebuli. Bumbu yang kuat dengan sayuran di dalamnya akan menambah rasa nikmat. Sayur dalca ini seperti nasi kebuli bukan dari kahs lokal, ini aslinya berasal dari india.

Namun, karena hampir sama dengan syuran dan rasa lokal, sayur dalca diterima lidah masyarakat setempat.

Demikian informasi makanan khas lokal Kota Pontianak yang bisa menemani makan siang kamu. Selamat mencoba. (REDAKSI)

Leave a comment