BPKP Kalbar Ajak BUMDes Manfaatkan Aplikasi FORSA Buat Laporan Keuangan, Dijamin Memudahkan!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - BPKP Provinsi Kalimantan Barat mengajak Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes memanfaatkan kemudahan aplikasi FORSA yang sudah dibuat BPKP dalam penyusunan laporan keuangan.

Dipastikan, penggunaan aplikasi FORSA, sangat mempermudah BUMDes dalam Menyusun laporan keuangan.

"BUMDes harus lebih intens memanfaatkan FORSA. Sayang fasilitas sudah ada tidak dimaksimalkan," kata Kordinaor Pengawas Akuntan Negara Perwakilan BPKP, Provinsi Kalbar, Daridin belum lama ini.

Daridin bilang, aplikasi FORSA dibuat BPKP untuk membantu BUMDes dan BUMDESMA terkait tata kelola keuangan.  FORSA mempunya arti Transformasi Sistem Akuntansi Keuangan Badan Usaha Milik Desa.

"Aplikasi ini hadir diawali dengan rasa ingin membantu, BUMDESMA dalam menyusun laporan keuangan," kata Daridin.

Hadirnya aplikasi ini dapat membantu dalam menyusun pelaporan keuangan dengan fitur yang lengkap dan memudahkan menginput data.

"Karenanya, kami mendorong teman-teman BUMDes silakan menggunakan FORSA BPKP dalam rangka mempercepat laporan keuangan," ajaknya.

Menurut Daridin, selama ini banyak BUMDes yang kesulitan membuat laporan keuangan. Alhasil, ketika ada pemeringkatan, salah satu yang dinilai adalah laporan keuangan. Sedangkan laporan keuangan BUMDes masih belum rapi dan beberapa ada yang salah.

"Saya bilang laporan keuangan yang ada harus dicatat. Yang dicatat harus ada," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment