Disnakertrans Kalbar Catat Lowongan Kerja yang Paling Dicari di 2024, Apa Saja?

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Provinsi Kalimantan Barat mengungkap sejumlah pekerjaan yang paling dicari perusahaan tahun 2024. Apa saja?

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar, Muhaemenon mengatakan, perkembangan zaman membuat kebutuhan pekerjaan yang dibutuhkan pasar pun berubah.

Pihaknya mencatat, sedikitnya 10 lapangan pekerjaan yang paling dicari. Di antaranya pengembang prangkat lunak, AI specialist, analis data, ahli keamanan siber, pembuat konten, perawat, manager medis, manager keuangan, pengembang web, dan analis managemen bisnis.

Karena itulah, fokus utama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalbar adalah membuat program pelatihan yang dibutuhkan industri saat ini.

"Kita tengah menyiapkan lembaga pelatihan kerja baik yang swasta maupun pusat kerja khusus untuk membuat program pelatihan yang dibutuhkan dunia usaha, dan industri," katanya.

Muhaemenon bilang, lapangan kerja di Kalbar makin hari makin bertambah. Namun, kemampuan tenaga kerja Kalbar untuk mengambil keseluruhan lapangan kerja harus jadi perhatian. Karenanya, diperlukan peningkatan daya saing.

"Karena tingkat kesempatan kerja kita baru 94 persen. Ada 6 persen yang belum terpenuhi," ujarnya.

Kolaborasi antarlembaga pelatihan dengan pihak sewasta menjadi kunci menciptakan tenaga kerja yang handal.

Di sisi lain, lembaga pelatihan harus menyiapkan kurikulum yang baik untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja. Lalu bekerja sama dengan LPK dan BLKK yang ada sudah terakreditasi untuk menggelar pelatihan yang dibutuhkan pasar.(andi)***

Leave a comment