Disnakertrans Kalbar Komitmen Buka Lapangan Kerja Tekan Angka Pengangguran Terbuka

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, berkomitmen membuka lapangan kerja yang luas untuk mengurangi pengangguran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Barat, Hermanus mengungkapkan, saat ini angka pengangguran terbuka Kalbar masih di angka 5,05 persen.

"Jadi pelatihan yang kita gelar di UPT PKPTK ini untuk mempersiapkan merela, agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan perusahaan," kata Hermanus.

Hermanus berharap para pencari kerja yang terlatih dapat menjawab kebutuhan pasar. Sehingga mengurangi pengangguran. Sebab, pemerintah terus berkomitmen untuk menekan pengangguran.

"Mudah-mudahan output dari pelatihan selain memberi kompetensi, mereka dapat diterima perusahaan," ujarnya.

Menurut Hermanus, perkembangan zaman membuat kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan pasar pun berubah. Karena itu, pelatihan yang digelar di UPT PKTKP pun berkembang.

"Kita berupaya memenuhi apa yang dibutuhkan pasar. Misalnya perusahaan WHW yang mereka butuhkan. Seperti hari ini melaksanakan kegiatan berbasis kompetensi TIK, baik perakitan dan operator," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment