Disnakertrans Kalbar Gelar Pelatihan Otomatif kepada Penyintas Narkoba

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Barat, menggelar pelatihan otomatif, TIK dan Manajemen untuk 78 pencari pekerja. 30 Di antaranya adalah menyinyas narkotika.

Kegiatan pelatihan digelar di UPT Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja, Senin (26/2/2024).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi, Kalbar, Hermanus mengatakan, Pemprov Kalbar berkomitmen untuk terus mempersiapkan calon tenaga kerja Kalbar agar memiliki keterampilan.

"Di sini peran UPT PKTPK mempersiapkan mereka bagaimana merebut pasar, dengan menyiapkan pelatihan yang dibutuhkan pasar," kata Hermanus ditemui saat membuka pelatihan.

Menurut Hermanus, perkembangan zaman yang berubah, membuat kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan pasar pun berubah. Karena itu, pelatihan yang digelar di UPT PKTKP pun berkembang.

"Seperti hari ini, melaksanakan kegiatan berbasis kompetensi TIK. Baik perakitan dan operator. Saya pikir pelatihan ini sangat relevan," katanya.

Selain itu, ada juga pelatihan otomatif, kerja sama Disnakertrans, BNN dan Astra. Pelatihan ini pun dinilai relevan, karena dunia otomotif juga. Bahkan, berkembang ke listrik.

"Ini dan ke depan akan banyak yang kita lakukan untuk menjawab tuntutan pasar, bukan hanya program APBN dan APBD dan Swasta," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment