Atraksi Tatung Pukau Masyarakat di Vihara Paticca Samuppada Pontianak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Perayaan Gap Go Meh di Kota Pontianak berlangsung sepi. Tak seperti tahun sebelumnya. Sebab, tahun ini tak diperbolehkan arak-arakan naga dan barongsai.

Namun, di sejumlah Vihara kegiatan atraksi Tatung terlihat. Salah satunya di Vihara Paticca Samuppada yang berlokasi di Jalan WR Supratman, Pontianak, Sabtu (24/2/2024). Atraksi Tatung ini ditonton ratusan masyarakat.

Tatung merupakan tradisi masyarakat Tionghua yang berasal daru bahasa Hakka. Tatung adalah dukun atau seseorang yang dirasuki oleh roh dewa atau orang-orang baik yang sudah meninggal.

Menurut kepercayaan, Pawai Tatung merupakan ritual saat Cap Go Meh sebagai bentuk untuk menangkal musibah sepanjang tahun, sekaligus mengusir roh-roh jahat dan membersihkan kota dari kejahatan dan malapetaka.

Pantauan insidepontianak.com dilapangan
para Tatung beratraksi menggunakan pakaian adat. Mereka melakukan aksi yang cukup ekstrem. Dimana mereka berdiri di kursi yang terbuat dari bilah-bilah pedang tajam. Lalu berdiri di atas pedang.

Tak hanya itu, mereka juga menunjukkan aksi duduk di kursi yang penuh paku. Namun, tak sedikitpun tubuh mereka tak ada yang terluka.

Kontan saja, aksi mereka memulai masyarakat. Hingga saat ini, atraksi masih berlangsung. (Andi)

Leave a comment