Dinas Pemdes Kalbar Harap BUMDESMA Terus Berinovasi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat, mendorong Badan Usaha Milik Desa Bersama atau BUMDESMA berinovasi supaya semakin maju dan memberi kesejahteraan kepada masyarakat.

Kepala Bidang Penataan dan Kerja Sama Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat, Ade Syukri mengatakan, inovasi mesti dilakukan BUMDESMA.

"Makanya kita selalu mendorong agar mencari direktur dan pengurus yang tak berpikir sempit. Cari direktur yang punya wawasan bisnis luas," kata Ade Syukri, Kamis (23/2/2024).

Menurut Ade, direktur yang demikian akan berpikir inovasi terhadap usaha yang digeluti. Di samping itu, Pemdes juga terus mendorong BUMDESMA melihat peluang pasar.

"Kita sudah seringkali mengundang direktur BUMDESMA mengikuti rapat kordinasi untuk memberikan wasasan kepada mereka untuk membaca peluang pasar," kata Ade Syukri.

Untuk memastikan BUMDESMA terus berkembang, Pemdes juga mendorong peningkatan status BUMDESMA memiliki kegalitas berbadan hukum.

"Dengan status berbadan hukum, mereka kan boleh melakukan pinjaman dengan lembaga keuangan," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment