Aplikasi FORSA Permudah Pelaporan Keuangan BUMDes

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sistem pelaporan keuangan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Bersama saat ini ditunjang dengan aplikasi FORSA. Aplikasi berbasis digital ini dirancang untuk memudahkan pembuatan laporan.

Kordinaor Pengawas Akuntan Negara Perwakilan BPKP, Provinsi Kalbar, Daridin mengatakan, aplikasi FORSA dibuat BPKP untuk membantu BUMDes dalam tata kelola keuangan. FORSA mempunya arti Transformasi Sistem Akuntansi Badan Usaha Milik Desa.

"Itu diawali dengan rasa ingin membantu, BUMDes-MA dalam menyusun laporan keuangan," kata Daridin.

Hadirnya aplikasi ini dapat membantu dalam menyusun pelaporan keuangan. Sebab, FORSA hadir dengan fitur yang lengkap dan memudahkan menginput laporan keuangan.

"Kami mendorong teman BUMDes silakan menggunakan FORSA BPKP dalam rangka mempercepat laporan keuangan," ajaknya.

Menurut Daridin, selama ini banyak BUMDes-MA yang kesulitan membuat laporan keuangan. Alhasil ketika ada pemeringkatan, salah satu yang dinilai adalah laporan keuangan. Sementara laporan keuangan ini seiring bermasalah.

"Saya bilang laporan keuangan yang ada harus dicatat. Yang dicatat harus ada," terangnya.

Saat ini sosialisasi aplikasi FORSA terus dilakukan kepada Direktur BUMDes. Ia mendorong agar seluruh BUMDes memiliki aplikasi FORSA agar berkembang dan ekonomi masyarakat meningkat.

"Dengan ekonomi desa meningkat kesejahteraan meningkat," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment