DPMD Kalbar Dorong BUMDes Naik Peringkat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mendorong peningkatan status BUMDes Bersama menjadi BUMDes kategori maju.

Saat ini, baru 7 BUMDes yang masuk kategori maju, 32 kategori berkembang, dan 28 kategori perintis.

Hal tersebut disampaikan Plh Sekda Kalbar, Alfian saat membuka bimbingan teknis atau bimtek penyusunan laporan keuangan dan pengawasan BUMDes Bersama, Rabu (21/2/2024).

Alfian mengatakan, Pemprov Kalbar terus mendorong peningkatan jumlah BUMDes kategori maju yang saat ini baru 7. Menurutnya, peningkatan tersebut diyakini dapat dilakukan. Kuncinya aspek kelembagaannya harus diperhatikan.

"Termasuk dalam penyusunan pelaporan keuangan. Dengan begitu kita harapkan BUMDes kita semakin meningkat rangkingnya," kata Alfian.

Dia juga mendorong agar BUMDes terus melakukan inovasi dengan mencontoh unit bisnis BUMDes di daerah lain yang maju. Sehingga pengelolaannya dapat optimal.

Sementara itu, Kabid PKD DPMD Provinsi Kalbar, Ade Syukri berharap melalui bimtek, hambatan dalam pengelolaan BUMDes dapat dikoordinasikan. Selain itu, penyusunan laporan keuangan yanh dilakukan pengelola BUMDes diharapkan semakin baik.

"Kita harapkan mereka semakin cakap dalam membuat pelaporan," ujarnya.

Terakhir, Ade Syukri juga ingin dengan pengelolaan BUMDes yang optimal, berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.(andi)***

Leave a comment