Mengenal Kue Khas Kota Pontianak, Roti Kap yang Punya Isian Selai Nanas Bikin Nagih

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Tahukah kamu bahwa Roti Kap sebenarnya punya isian selai nanas. Ini salah satu khas kue dari Kota Pontianak ini.

Roti Kap berasal dari masyarakat Kalimantan Barat, tepatnya masyarakat melayu yang mendiami sejumlah wilayah di kawasan tersebut.

Nah, pada dasarnya Roti Kap ini adalah kue atau cemilan. Jadi, sangat cocok untuk disajikan saat santai hingga kumpul-kumpul arisan.

Membuat Roti Kap susah-susah gampang. Dibutuhkan tingkat kesabaran yang sangat tinggi, mulai dari penyiapan bahan, terutama kelapa yang akan diolah harus benar-benar  bersih, lapisan daging buah kelapa yang berwarna coklat harus dibuang sampai berwarna putih.

Ini penting mengingat Roti Kap harus menghasilkan kue yang berkualitas selain rasa, bentuk hingga tekstur. Tak hanya itu, dalam membuat Roti Kap dihasilkan memilki kualitas yang cukup baik, tahan dalam waktu penyimpanan yang cukup lama, rasanya enak, aromanya harum (khas) dan terasa lembut ketika dimakan.

Untuk proses pembuatan kue ini relatif cukup rumit dan lama, tidak boleh ada kesalahan. Jika ada kesalahan dalam metode pembuatan Roti Kap, kue tersebut bisa keras.

Pembuatan Roti Kap harus dimulai baik dari awal hingga akhir. Dimulai dari pengupasan kelapa, pemerasan (santan), pengadonan, sampai pengovenan. Perlu diketahui, untuk santan kelapa harus dimasak selama beberapa jam.

Berikut mimin bagikan resep membuat salah satu kue tradisional khas Kota Pontianak yang legend dan masih bisa ditemukan ddan dijual lho. Namanya Roti Kap.

Roti Kap termasuk jajanan tradisional khas Melayu, terutama Melayu Kabupaten Landak. Kue Kap salah satu kue paling populer, terutama saat hari-hari besar budaya dan keagamaan.

Untuk rasa, Roti Kap dikenal manis dan harum mengingat bahan utamanya buah kelapa yang diambil santannya. Tak heran, kue ini sangat cocok untuk disajikan untuk cemilan keluarga atau menemani waktu santai.

Berikut resep Roti Kap khas Pontianak:

Bahan-bahan

500 ml santan kental
3 butir kuning telur
1/2 sdt bicarbonate
3 tetes pewarna kuning
250 gr gula pasir
1/3 sdt vanili
1 sdm susu bubuk
500-700 gr tepung terigu

Cara Membuat

Langkah 1
Masak santan sampai mengental dan ada keluar minyak. Matikan api dan dinginkan hingga 3 jam.

Langkah 2
Kocok telur, gula, vanili dan bicarbonate sampai gula larut. Tambahkan pewarna, diamkan selama 15 menit.

Langkah 3
Masukkan santan dan susu bubuk, aduk sampai tercampur rata.

Langkah 4
Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sampai adonan tidak lengket ditangan dan bisa dibentuk.

Langkah 5
Adonan seperti ini.

Langkah 6
Adonan yang sudah dibentuk.

Langkah 7
Panggang sampai matang dengan suhu 170 derajat.

Demikian resep Roti Kap khas Pontianak yang mimin berikan. Jika gagal, jangan menyerah dan bisa dicoba lagi. (REDAKSI)

Leave a comment