Waspada! Penipuan Transfer Bodong Menyasar Rumah Makan Mulai Marak di Pontianak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pelaku usaha di Pontianak wajib berhati-hati. Sebab, penipuan dengan modus transfer bodong mulai marak beberapa hari ini.

Aksinya kejahatan itu menyasar berbagai tempat mulai dari rumah makan, hingga warung sembako di Pontianak.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @kalbar_info, terduga pelaku merupakan pasangan suami istri.

Bahkan, mereka juga memboyong anaknya makan. Praktik penipuan ini salah satunya terjadi di Ayam Geprek Karya Baru beberapa hari lalu.

"Ceritenye tuh, datang kayak biase lah pada umumnya orang datang makan berempat suami istri dan dua orang anak," ucap penjaga warung makan Ayam Geprek Karya Baru dikutip dari video yang diunggah oleh akun Instagram @kalbar_info.

Namun, celakanya saat hendak bayar menggunakan Q-RIS, perempuan berbaju hitam itu, mengaku tak bisa melakukan transfer. Alasan cameranya buram. Lalu minta nomor rekening, mau transfer dan langsung dicek ulang.

"Eh, suaminya teriak teriak dari luar (sesuai video) yang bersangkutan datangi suaminya buat "gimik" pura pura kelahi karena kelamaan. Saat kasir teriak uang belum masuk langsung kabur," katanya.

Kejadian yang sama juga terjadi di Rumah Makan Mandala. Terduga pelaku menunjukan transfer palsu lalu pergi.

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Adhe Hariadi mengaku belum mendapat laporan terkait kejadian itu. Ia memastikan akan menyelidiki video viral tersebut.

Adhe juga mengimbau pelaku usaha untuk berhati-hati dan melapor, jika menjadi korban penipuan ini.

"Kepada pengusaha tempat makan apabila merasa dirugikan silahkan membuat laporan ke Polresta," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment