Edi Rusdi Kamtono Daftar Juga di PKB, Isyaratkan Bentuk Koalisi Besar untuk Pilwako 2024

30 April 2024 10:51 WIB
Edi Rusdi Kamtono menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon wali kota untuk Pilwako Pontianak 2024, ke PKB Kota Pontianak, Senin (30/4/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wali Kota Pontianak, periode 2018-2023, Edi Rusdi Kamtono juga mendaftar ke PKB sebagai bakal calon wali kota untuk Pilwako 2024.

Edi telah menyerahkan formulir pendaftaran di Sekretariat DPC PKB Kota Pontianak, Jalan Untung Suropati V, pada Senin (30/4/2024). Kedatangannya disambut langsung oleh Ketua DPC, Huddin.

"Alhamdulillah saya diterima dan menjadi yang pertama mengembalikan berkas di PKB. Ini menunjukkan keseriusan saya untuk maju di pada Pilwako 2024 untuk periode kedua," kata Edi.

Ia berharap bisa bersinergi kembali dengan PKB membangun Kota Pontianak, jika nanti masyarakat memberi mandat untuk memimpin di periode kedua.

"Jalinan kalaborasi ini yang kita harapkan untuk terus dilanjutkan, sehingga Kota Pontianak semakin maju dan membahagiakan warganya," katanya.

Sebelumnya, Edi Kamtono juga sesudah mendaftar ke PKS, Demokrat, dan PDIP. Ketua DPC PKB Kota Pontianak, Huddin menegaskan, partainya akan mengusung bakal calon kepala daerah yang memiliki reputasi.

"PKB baru membuka pendaftara hari ini dan yang pertama daftar dan mengembalikan Pak Edi. Artinya beliau sangat serius," kata Huddin, Senin (30/4 /2024).

Pendaftaran bakal calon kepala daerah di PKB terbuka untuk umum. Semua kalangan boleh mendaftar, asal memenuhi syarat yang telah ditentukan partai.

"Suku apapun, etnis apapun boleh daftar, karena PKB terbuka untuk umum,” ujarnya.

Mekanisme pendaftaran dilakukan secara online dan offline. Pembukaan pendaftaran berlangsung sampai Agustus 2024.

"Para calon yang sudah melengkapi berkas akan kita kirim ke DPP untuk dipanggil dan diuji kelayakan," katanya.

Untuk diketahui, hasil Pileg 2024, PKB memperoleh empat kursi di DPRD Kota Pontianak. Karena itu, untuk mengusung pasangan calon kepala daerah, PKB harus membangun koalisi. (Andi)***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment