Debat Cawapres Tema Masyarakat Adat, AMAN Kalbar: Pemenuhan Hak dan Perlindungan Masyarakat Adat Dinanti!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara atau AMAN Kalimantan Barat mengucapkan terimakasih kepada Komisi Pemilihan Umum yang telah memilih Sekretaris AMAN, Rukka Sombolinggi menjadi salah satu dari 11 panelis debat cawapres kedua atau debat keempat Pilpres 2024, yang digelar Minggu (21/1/2024).

AMAN berharap, debat yang mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, SDA dan energi, pangan, agraria dan masyarakat adat, menunjukan komitmen politik yang kuat dalam perlindungan dan pemenuhan hak-hak konstitusional Masyarakat Adat, sehingga memberi solusi konkret terhadap persoalan yang saat ini dihadapi masyarakat adat di Indonesia.

"Kita berharap pada debat Cawapres kedua ini, ada gagasan dan solusi konkret terhadap berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat adat," kata Ketua Pelaksana Harian Wilayah AMAN Kalbar, Tono, Sabtu (20/1/2024).

Tono menyebut, persoalan masyarakat adat selama ini dipicu karena sikap dan kebijakan negara yang telah mengabaikan hak-hak masyarakat adat.

"Sehingga mengakibatkan masif-nya perampasan wilayah adat, kriminalisasi masyarakat adat, penghancuran etnisitas budaya masyarakat dengan dalih pembangunan," kata Tono.

Sebagai lembaga yang konsisten membela hal masyarakat adat, AMAN berharap debat dengan tema masyarakat adat dapat dibahas tuntas oleh Cawapres, sehingga dapat dinilai sejauhmana keberpihakan pasangan Capres-Cawapres terhadap pengakuan dan perlindungan masyarakat adat sebagaimana pasal 18B Ayat (2) UUD Tahun 1945

Pada Pilpres 2024 ini, AMAN memastikan tak mendukung salah satu pasangan calon tertentu. Tak seperti Pilpres tahun sebelumnya.

Aman juga mendorong agar Undang-Undang tentang masyarakat adat segera disahkan. Sebab, hingga saat ini belum ada kepastian, padahal telah diusulkan sejak 2009 dan sangat dinantikan. (Andi).

Leave a comment