Bubur Pedas Pak Ngah Pontianak: Sajian Melayu Sambas yang Jadi Icon Kuliner

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Bicara bubur pedas di Kota Pontianak, maka bubur pedas Pak Ngah menjadi pilihan pertama untuk semua kalangan.

Bubur pedas Pak Ngah sejak dulu sudha menjadi pilihan pertama bagi penggemar bubur pedas. Terletak di Jalan Pangeran Natakusuma dan Jalan Komyos Soedarso, bubur pedas ini pun jadi pilihan.

Bubur pedas Pak Ngah adalah tempat khas yang bercita rasa Melayu Sambas. Bubur pedas terdiri berbagai macam sayur. Sayuran yang dimaksud seperti pakis, kangkung, cambah, kacang panjang, jagung muda, daun lengkuas, daun kencur, daun katuk, dan daun kesum yang cuma akan ditemukan di Pontianak serta daun rempah lainnya.

Semua dicampur jadi satu dengan beras yang sudah ditumbuk. Sama dengan bubur pada umumnya ditambah dengan kuahnya yang berwarna cokelat kehitaman, menambah rasa dan gurih dalam satu wadah.

Bubur pedas jadi sarapan dan makan siang rutin. Bubur pedas merupakan kuliner Pontianak yang khas. Bubur pedas adalah bubur dengan campuran sayuran ini berawal dari Suku Melayu Sambas yang tinggal di pesisir Pontianak dengan nama lain ‘bubbor paddas’. Meskipun ada kata pedas, bubur satu ini tidak pedas sama sekali.

Mengutip ksmtour.com dan travelingyuk.com, sekilas bubur pedas memiliki tampilan yang agak aneh yakni seperti sop disertai dengan sayuran yang banyak. Selain itu, kuahnya berwarna cokelat kehitaman.

Soal rasa jangan ditanya. Setelah memakan bubur ini, dijamin Anda akan langsung jatuh hati karena rasanya jauh berbeda dengan tampilannya. Rasanya sangat lezat dengan aroma yang begitu unik.

Dalam aslinya, bubur pedas pertama kali ditemukan oleh Suku Melayu Sambas yang tinggal di pesisir pantai di kawasan Pontianak. Dalam bahasa Sambas, kuliner ini disebut ‘Bubbor Paddas’.

Lambat laun, kuliner ini pun akhirnya dipopulerkan sebagai makanan khas Pontianak. Kata ‘pedas’ pada bubur pedas ini bukanlah mengandung arti pedas yang sebenarnya. Namun, digunakan untuk menandakan bahwa kuliner khas Sambas ini terdiri dari berbagai macam campuran sayuran.

Sayuran segar tersebut diracik kecil-kecil, lalu dimasak menjadi satu dengan bahan dasar utama yaitu beras, ketumbar, dan pala sangrai kemudian masukkan kelapa yang telah disangrai.

Setelah semua bahan matang, bubur pedas siap disajikan dalam keadaan yang hangat dengan taburan pelengkap yakni ikan teri, kacang goreng, dan sebagainya sehingga memberikan cita rasa gurih.

Berikut rekomendasi warung bubur pedas di Pontianak:

  1. Bubur Pedas Pak Ngah

Pak Ngah atau Pa' Ngah adalah perintis warung bubur yang ada di Jalan Kom Yos Sodarso atau daerah Jeruju, Kecamatan Pontianak Barat.

Warung ini juga memiliki beberapa di Pontianak. Ada beberapa menu spesial bubur pedas yang disajikan disini, di antaranya bubur pedas biasa, bubur pedas plus daging, bubur pedas plus kikil, bubur pedas plus tulang dan bubur pedas plus bakso.

  1. Rumah Makan 68

Rumah makan 68 tidak jauh dari Sungai Kapuas, tinggal menyeberang jika ingin mengunjungi Tugu Khatulistiwa. Tempat ini juga menyediakan bubur pedas dengan rasa nikmat. Porsinya banyak dengan kuah kental yang menggoda. Letaknya di Jalan Apel, Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat.

  1. Pondok Burdas Merdeka Baru

Warung ini berada di Jalan Merdeka Barat, Kecamatan Pontianak Kota. Waung ini menambahkan kikil untuk melengkapi rasa bubur pedas dan tidak meninggalkan Beberapa bahan seperti daun katuk, pakis, hingga daun kesum diolah untuk mencipatakan rasa khas.

  1. Bubur Pedas

Di Jalan Sultan Abdurrahman Kecamatan Pontianak Kota ini banyak penjual bubur pedas, patokannya Pontianak Convention Center atau di dekat Rumah Makan Salido. Anda tinggal memilih mana yang paling disukai. Masing-masing tentu memiliki ciri khas, baik dalam hal tampilan maupun rasa.

Nah, demikian rekomendasi tempat makan yang menyediakan khusus bubur pedas Pontianak. Rekemondasi ini bisa kalian bagikan kepada orang terdekat yaa.(REDAKSI). ***

Leave a comment