Dewan Kalbar Yuliani Pastikan Pembangunan Jalan Sukadana-Teluk Batang Lanjut Tahun Ini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kalbar Yuliani Aloh memastikan pembangunan provinsi di Sukadana-Teluk Batang, Kayong Utara dilakukan tahun ini.

Sebagaimana diketahui, ruas jalan itu saat ini sebagian masih rusak parah. Akibatnya, tak jarang truk ekspedisi yang melintas amblas.

Sebagian jalan tersebut sudah dibangun di tahun 2023, dengan menelan anggaran mencapai Rp50 miliar.

Namun, anggaran itu belum cukup merampungkan pembangunan seluruh ruas jalan Sukadana-Teluk batang. Sehingga, tahun ini Pemprov Kalbar kembali menganggarkan pembangunannya di tahun ini.

"Tapi untuk nominal, saya belum berani menyebutkan, takut ada perubahan,” kata Yuliani Aloh, Selasa (9/1/2024).

Legislator PAN ini beberapa waktu lalu pun menyempatkan meninjau kondisi kerusakan jalan tersebut. Ia melihat langsung truk bermuatan yang amblas.

Yuliani memastikan, hasil peninjauannya itu sudah disampaikan ke Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar.

Ia berharap, nanti setelah jalan tersebut rampung dibangun, pemerintah dapat mengatur tonase muatan truk-truk yang melintas supaya tidak melebihi beban jalan.

"Ke depan kita akan duduk bersama dengan Dishub juga. Biar mereka mengawasi betul-betul ekspedisi ini," tuturnya.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat juga proaktif membantu mengawasi kendaraan truk yang melintas dengan membawa angkutan barang melebihi tonase beban jalan.

"Kita sama sama menjaga. Kalau masyarakat menemukan angkutan (red, melebihi kapasitas) cegat saja. Biar dia tahu. Kita ini buat kepentingan masyarakat banyak, bukan untuk sekelompok orang," ucapnya.***

Leave a comment