Ganjar Pranowo Sebut Generasi Z dan Alpha, Harapan Terwujudnya Indonesia Emas 2045

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ganjar Pranowo, Capres nomor urut 3, meluncurkan SMK Gratis Langsung Kerja untuk keluarga miskin di Lapangan Pule, Wonogiri, Jum’at (29/12/2023).

Ganjar Pranowo menempatkan pendidikan sebagai  kunci memecahkan kemiskinan. Program ini merupakan kelanjutan dari upaya yang telah dilakukan, saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Seperti sudah lama terbukti, sekolah-sekolah ketrampilan yang dulu dikembangkan Ganjar Pranowo, semasa menjabat Gubernur Jawa Tengah. Dengan pendidikan yang baik, anak keluarga miskin akan mendapat pekerjaan berpenghasilan bagus dan menolong keluarga.

“Capres Ganjar Pranowo adalah figur yang tak kenal lelah memikirkan dan mencari solusi bagi pendidikan, terlebih bagi mereka yang tidak mampu secara finansial,” ucap Amarsjah Purwa, Wakil Ketua TPN.

Kemudahan rakyat dalam mengakses  pendidikan, semenjak tingkat dasar hingga  perguruan tinggi dijamin konstitusi. Hal itu ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945, dalam frasa “mencerdaskan kehidupan bangsa.” Selanjutnya, hal itu diatur lebih spesifik dalam Pasal 31 UUD 1945 tentang Pendidikan.

Sejauh ini, SMKN Jawa Tengah yang dikembangkan Ganjar Pranowo telah meluluskan sebanyak 1.837 siswa. Dari jumlah lulusan tersebut, sekitar 80 persen diantaranya langsung terserap dunia kerja dan perguruan tinggi, baik di tingkat nasional maupun luar negeri.

Dalam kesempatan itu, seorang siswa bernama Obit mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan lewat program SMK Gratis. Bersama adiknya, Obit tinggal bersama neneknya Sagiyem, seorang petani.

“Sang nenek ingin sekali cucunya dapat terus bersekolah. Nenek senang dengan kesempatan cucunya dapat meneruskan sekolah,” kata Amarsjah Purwa.

Dalam suatu kesempatan, Ganjar Pranowo pun menyampaikan keseriusannya untuk menasionalkan SMKN Gratis itu, jika terpilih menjadi Presiden RI 2024-2029.

Kompetensi merupakan prioritas pertama. Sebab, kebutuhan generasi Z hari ini adalah, kesiapan menuju dunia kerja. “Tentu di sini perlu desain dari awal, dan itu sudah diperlihatkan Mas Ganjar Pranowo, saat masih menjadi Gubernur Jateng,” kata Amarsjah Purwa.

Pada usia seabad kemerdekaan, bangsa Indonesia akan mencapai  mimpi besar, ketika seluruh rakyatnya bisa mengakses pendidikan dengan baik. Pada saat itu, lembaga pendidikan mampu menghasilkan insan unggul dan kompeten di bidangnya.

“Tenaga guru pun mumpuni sehingga kualitas lulusannya unggul,” kata Amarsjah Purwa.(ril)

Leave a comment