Pengamat Prediksi Empat Politisi Kalbar Berpotensi Jadi Menteri, Siapa Saja?

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pengamat politik, Universitas Tanjungpura, Erdi Abidin berharap ada putra Kalimantan Barat yang nantinya diangkat jadi menteri.

Menteri dari Kalbar dianggap penting untuk percepatan pembangunan. Terlepas, siapapun yang terpilih jadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029.

Erdi mengatakan, sosok Menteri dari Kalbar sangat diharapkan untuk mempercepat pembangunan. Sebab, akan memudahkan jalur Kordiansi dari Pemerintah Provinsi dan Pusat.

Jika melihat peta pertarungan Pilres 2024, yang memunculkan tiga poros, Erdi melihat ada empat nama politisi Kalbar yang potensial menjadi menteri, jika salah satu dari pasangan yang diusung menang.

Mereka adalah  Herzaky Mahendra Putra, Maman Abdurahman, Syarif Abdullah, dan Lasarus.

"Keempat figur asal Kalbar ini saya anggap hebat. Saya hanya melihat data-data yang saya lihat dari berbagai sumber dan kita membutuhkan figur orang Kalbar yang bisa menjadi menteri," terang Erdi.

Dari analisa Erdi, empat figur itu, potensial jadi menteri sehingga bisa menjadi menteri tumpuan masyarakat. Sebab, berada dalam poros yang berbeda-beda.

Di Koalisi Perubahan, yang mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ada nama putra terbaik Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie yang juga Anggota DPR RI Fraksi NasDem.

Selama ini, Syarif Abdullah dikenal sebagai pejuang 'Bedah Rumah'. Lewat aspirasinya banyak masyarakat merasa terbantu. Kerja nyata yang ditorehkan tentu layak dipertimbangkan untuk menduduki posisi menteri.

Ia juga dikenal punya kapasitas dan kapabilitas. Terlebih hubungan yang dekat dengan Surya Paloh.

"Karenanya Syarif Abdullah punya peluang untuk menjadi Menteri kalau Anies-Muhaimin menang," terangnya.

Sementara itu, di Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, ada nama putra Kalbar Maman Abdurahman.

Anggota DPR RI itu, dikenal visioner, tegas dan program unggulannya Listrik masuk desa. Programnya yang nyata telah dirasakan masyarakat. 

Sosoknya yang tegas dan visioner kerap menjadi perhatian. Namanya pun kata dia, terkenal ditingkat pusat, sering bicara ditelevisi.

Sosok Maman, kata dia, dianggap sangat cakap untuk menduduki jabatan sebagai Menteri. Terlebih punya hubungan dengan Ketua Umum.

Selain Maman, nama lain yang berpeluang jadi menteri jika Prabowo-Gibran menang adalah Herzaky Mahendra Putra. 

Putra Kalbar yang juga sahabat Ketua Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono itu dianggap layak untuk menjadi menteri utusan Kalbar.

Walau belum berpengalaman dalam bidang pemerintahan, namun Herzaky dianggap punya kapasitas. Selain dikenal sebagai juru bicara Partai Demokrat, ia juga dikenal 'Pejuang Beasiswa' di Kalbar.

Sosok Herzaky yang muda dan cerdas dan menjadi tim TKN Prabowo-Gibran membuka pulang dirinya untuk mendapat posisi strategis ditingkat pusat.

Terakhir, putra Kalbar yang berpeluang menjadi Menteri adalah Ketua Komisi V DPRD RI, yang juga Ketua PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus.

Nama politisi pejuang infrastruktur itu diyakini bakal dipertimbangkan dan berpeluang jadi menteri andai Ganjar Pranowo-Mahfud MD menang dalam Pilpres nanti.

Ia berharap, salah satu dari empat figur itu dapat dipilih jadi menteri sehingga dapat dititipkan program untuk pembangunan Kabar lebih baik.(andi)***

Leave a comment