Dijamin Kencang! Begini 3 Trik Mengetik Cepat di PC

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan saat menulis naskah, terdapat 3 trik mengetik cepat di PC yang harus Anda ketahui sebagaimana berikut ini.

Artikel tentang 3 trik mengetik cepat di PC ini sangat mudah dilakukan. Namun perlu diketahui, langkah-langkah ini akan mendapatkan hasil yang gemilang bila terus-menerus berlatih.

Selain itu, 3 trik mengetik cepat di PC ini juga merupakan tips umum. Akan tetapi, bagi sebagian orang cara tersebut masih terdengar asing dan belum menjadi kebiasaan saat jari jemari diatas keyboard.

Pengetikan sendiri memang membutuhkan skill yang cepat. Sebab, bila Anda mengetik sebuah naskah yang cukup panjang akan menghabiskan tenaga dan waktu.

Berbanding balik bila Anda sudah terbiasa menggunakan 10 jari saat pengetikan. Dalam hitungan detik, beberapa kata akan tersusun rapi dan membentuk kalimat yang mudah dipahami.

Idealnya, seseorang dapat dikatakan pengetik profesional memang harus menggunakan 10 jari sekaligus. Selain itu, terdapat ketentuan kata yang berhasil dituliskan di depan monitor.

Di dunia penulisan sendiri, waktu ideal dalam per menit harus berhasil menuangkan 15-10 kata. Bila Anda masih memiliki kemampuan dibawah standar tersebut, diketahui bahwa skill mengetiknya harus dikembangkan lagi.

Akan tetapi, Anda tidak perlu cemas lagi. Pasalnya tim Insidepontianak akan memberikan 3 trik mengetik cepat di PC yang mudah dilakukan saat berlatih.

Untuk mengerti secara mendalam, perhatikan kumpulan tips berikut di bawah ini:

  1. Tempatkan Jari di Tombol Keyboard dengan Benar.

Keyboard sendiri diposisikan dengan mengikuti gerakan jari-jemari. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui posisi tempat meletakkannya agar dapat mengetik dengan cepat.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman Unida, jari-jari tangan kiri seyogyanya ditempatkan pada huruf 'A', 'S', 'D', 'F'.

Berbeda dengannya, posisi jari kanan menempati area tombo 'J', 'K', 'L'. Sedangkan jari jempol baik kanan atau kiri, harus berada di tombol spasi yang panjang.

  1. Pahami Shortcut.

Trik kedua agar dapat mengetik dengan cepat, yakni harus mengetahui beberapa formula Shortcut. Fitur ini merupakan jalan pintas yang bisa dioperasikan pada keyboard.

Pada PC kekinian, shortcut yang terkandung pada sistem Windows dan iOS sangatlah berbeda. Untuk jenis pertama, berikat kumpulan formula dasarnya:

  • Ctrl + A untuk menghighlight tulisan.
  • Ctrl = S untuk menyimpan tulisan dokumen yang sudah ditulis atau diedit.
  • Ctrl + Z untuk lakukan fitur Undo.
  • Ctrl + C agar dapat mengcopy tulisan.
  • Ctrl + X supaya dapat melakukan Cut.
  • Ctrl + V untuk menyalin tulisan dengan nama fitur Paste.

Sedangkan pada Macbook, atau perangkat PC yang menggunakan sistem iOS caranya berbeda. Tombol 'Ctrl' di atas diganti dengan tombol 'Command'.

  • Command + A untuk highlight tulisan.
  • Command + Z agar dapat melakukan Undo.
  • Command + S untuk menyimpan dokumen.
  • Dan seterusnya berlaku cara yang sama.
  1. Jangan Lihat Keyboard.

Terakhir, trik yang cukup penting dilakukan yakni dengan cara hindari sering melihat keyboard. tetaplah fokus memandang ke layar tablet, atau monitor PC.

Selain itu, pastikan cari posisi duduk yang paling nyaman. Punggung dan kepala harus tegak, jarak ideal antara mata dan layar sepatutnya antara 45-74 CM.

Demikianlah 3 trik mengetik cepat di PC yang bisa Anda coba setiap hari. Selamat mencoba! (Dzikrullah)

Leave a comment