HBN ke-75, Wabup Farhan Bacakan Amat Presiden, Ajak Masyarakat Berkotribusi Bawa Indonesia Maju

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Wakil Bupati Ketapang Farhan, menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bela Negara ke 75 Tahun 2023 di halaman kantor Bupati, Selasa (19/12/2023).

Peringatan Hari Bela Negara tahun ini bertajuk: Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju. Diikuti ASN, TNI-Polri dan pelajar.

Di kesempatan ini, Farhan membacakan amanat Presiden Joko Widodo. Adapun isi dari amanat Presiden, mengajak seluruh masyarakat Indonesia mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta Tanah Air.

Sebab, bela negara, bukan hanya dari aspek militer. Tetapi juga harus lebih diperluas, dengan merangkul semua lapisan masyarakat untuk bersatu majukan bangsa.

“Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara,” ujar Farhan membacakan amanat presiden

Karena itu, setiap masyarakat harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan seluruh orang tangguh dan cerdas, dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

"Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Farhan.

Aspek bela negara yang juga harus diketahui masyarakat adalah, memperhatikan tantangan ke depan yang tidak terduga.

Seperti ancaman yang tak kasat mata pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim yang telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

"Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan," tegasnya.

Usai upacara, Wabup Farhan turut memberikan surat pencatatan inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham).

Di antaranya Kain Pelangi Nage Belimbor, Upacara Adat Meruba, Kanjan Serayong, Adat Menjangkap Buah Dayak dan Upacara Adat Baborent Dayak Simpang.***

Tags :

Leave a comment