Tujuh Jenis Merpati Pemilik Warna Cantik dan Unik, Ada yang Asli Indonesia

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Di Indonesia, orang menyebut merpati dengan nama burung dara. Ini karena penampilan salah jenis unggas ini menarik, baik dari sisi warna yang cantik maupun keunikannya.

Jadi jangan heran beragam jenis burung merpati ini banyak dipelihara orang-orang sebagai hobi. Selain memiliki warna yang cantik, merpati juga imbol kesetiaan.

Yang jelas, setiap merpati memiliki warna cantik dan bentuk yang unik. Di Indonesia biasanya jenis burung ini biasa dijadikan sebagai burung kontes.

Melansir herbatani.com, Selasa (19/12/2023), merpati juga mempunyai suara yang merdu dan juga mempunyai kemampuan sebagai penerbang yang cukup andal.

Pun merpati adalah salah satu jenis burung yang jinak pada manusia, dan memiliki harga yang bervariatif, tidak hanya itu burung merpati juga berbeda dari jenis-jenis burung lainnya.

Nah, berikut tujuh jenis merpati yang memiliki warna yang cantik dan unik:

  1. Merpati domestik
    Merpati domestik biasa dijadikan binatang peliharaan, sebagai hobi, dan ada juga yang dimakan. Merpati domestik terdiri dari beberapa jenis yaitu jenis raja, peliharaan atau burung kontes, dan jenis burung merpati hias.

Merpati domestik raja dikenal dengan dagingnya yang tebal, maka dari itu orang-orang banyak yang memanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi, akan tetapi merpati jenis ini sangat rendah dalam kemampuan bertahan hidup.

Merpati burung kontes memiliki bulu yang warnanya tak kalah cantiknya, burung ini biasanya memiliki warna bulu biru putih dan juga biasanya dijadikan sebagai burung kontes.

Kemudian ada burung merpati jenis hias, merpati ini sama seperti jenis-jenis burung merpati lainnya dimana biasanya dijadikan sebagai merpati kontes.

  1. Merpati ekor pita
    Merpati ekor pita adalah merpati yang biasa hidup di alam liar dimana banyak terdapat di Amerika Utara hingga pasifik. Makanan merpati ekor pita diantaranya buah beri, biji-bijian, dan lain-lain.

Merpati ekor pita memiliki panjang sekitar 14 sampai 18 inchi yang di mana paruh dan kakinya berwarna kuning terang. Pada umunya, burung ini terdapat di pinggiran hutan atau di perkebunan yang terdapat banyak pepohonan.

  1. Merpati Modena
    Burung merpati ini berasal dari daerah Modena Italia. Burung merpati ini mempunyai tubuh yang bulat dan gemuk serta ekornya yang anggun dengan keseluruhan tubuhnya yang berukuran kurang lebih 25 cm.

Jenis merpati Modena ini didominasi dengan warna putih di tubuhnya dan bercorak warna warni di bagian ekornya. Hingga saat ini merpati Modena sudah semakin menyebar salah satunya sudah ada di Indonesia.

Merpati Modena didominasi dengan warna putih dan memiliki bentuk yang tak kalah cantik dari jenis-jenis burung merpati pada umumnya.

  1. Merpati oriental frill
    Merpati oriental frill adalah merpati yang berasal dari dataran Eropa yaitu Turki. Jenis merpati ini adalah termasuk merpati senior karena sudah ada sejak masa kesultanan Turki dan sampai ada sampai saat ini.

Ada dua variasi yang dimiliki oleh merpati oriental frill antara lain classic oriental frill dan modern oriental frill. Di mana kedua varietas itu memiliki ciri-ciri yang hampir sama dan sulit untuk dibedakan.

Namun, Anda bisa membedakannya dari segi bentuk karena jenis classic oriental frill memiliki tubuh yang lebih pendek dari pada jenis modern oriental frill.

  1. Merpati Jacobin
    Burung merpati ini sangat menarik perhatian karena bentuknya yang unik dan modis serta dengan bulunya yang lebat membentuk seperti jaket dan memiliki dominan bulu dengan warna hitam.

Jenis burung ini berkembang biak di Eropa pada abad ke 16. Postur tubuhnya tegak dan gagah, ekornya pun menjuntai ke lantai. Maka dari itu, tak heran jika banyak para kolektor merpati yang mencari jenis burung merpati ini.

Meskipun merpati Jacobin ini mempunyai bentuk yang cantik dan unik, akan tetapi jenis merpati ini sangat rapuh dan tidak bisa terbang terlalu jauh disebabkan oleh bulu lebat di lehernya.

  1. Merpati brongsong
    Merpati brongsong ini adalah burung merpati lokal yang banyak terdapat di Indonesia. Biasanya dapat ditemukan di daerah Kediri, Blitar, Jawa Timur, dan daerah lainnya.

Ciri khasnya yaitu badannya berukuran lumayan besar, memiliki jambul yang lebar di bagian kepala hingga ke pipi, memiliki garis dada pada bulu yang memisahkan antara bagian leher dan juga dadanya.

Namun, pada bagian kakinya tidak terdapat bulu. Jenis merpati ini banyak ditemukan yang berwarna biru, abu-abu, hitam, merah, dan cokelat.

  1. Merpati wulung
    Merpati wulung sama dengan jenis merpati brongsong yaitu sama-sama jenis merpati lokal yang tentunya ada di Indonesia. Merpati wulung mempunyai corak warna sama seperti elang wulung.

Jenis merpati ini, sama seperti jenis-jenis burung merpati pada umumnya, yaitu sama-sama banyak dicari atau dijadikan sebagai peliharaan atau hobi. Merpati wulung memiliki tubuh yang sedang dan memiliki jambul di kepalanya.

Demikian soal tujuh jenis merpati pemilik warna cantik dan unik. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment