Ini Dia Jenis Ikan Cupang Mahal, Ada yang Seharga Puluhan Juta

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Meski kecil, ikan cupang bukan ikan murahan. Ikan ini bisa dikatakan cukup malah, bahkan ada jenis tertentu yang dihargai hingga puluhan juta rupiah.

Soal harga mahal ini tentu terkait dengan cantik atau tidaknya ikan cupang pun soal jenis. Selain itu, harganya bisa lebih mahal karena masuk ke ranah hobi atau koleksi.

Satu lagi, harga mahal juga bisa ditentukan oleh kontes-kontes yang dilakukan. Jadi, dia semakin mahal ketika secara prestasi telah terbukti sebagai jenis ikan cupang terindah.

Melansir gramedia.com, Jumat (15/12/2023), brikut ini jenis ikan cupang termahal yang pernah tercatat:

  1. Ikan Cupang Kachen Worachai
    Jenis ikan cupang ini diambil dari nama pemiliknya yaitu Kachen Worachai yang berasal dari Bangkok, Thailand. Ikan Cupang Kachen banyak diperbincangkan sejak 2016 karena dilelang secara online dengan harga US$1.530 atau setara Rp20 juta.

Hal ini dikarenakan keunikan motifnya yaitu biru tua, putih dan merah seperti warna bendera Thailand. Setelah itu menyusul ikan cupang blue rim, yang dibandrol dengan harga Rp60 juta/ekornya.

  1. Ikan Cupang Fancy
    Sirip ikan cupang fancy tidak sebesar ikan cupang halfmoon, namun dilengkapi dengan warna yang sangat cantik dan gradasi warna yang beragam hingga 3 dimensi. Ikan ini terkenal dengan kombinasi warnanya yang bergradasi seperti lukisan.

Untuk harganya, ikan ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu berkisar antara Rp100.000/ekor, sementara untuk ikan cupang fancy juara mencapai harga Rp2.000.000/ekornya.

  1. Ikan Cupang Betta Coccina
    Ikan Cupang Betta Coccina berasal dari Sumatera tepatnya adalah di Riau dan Jambi serta Johor Malaysia merupakan salah satu ikan cupang dengan jenis atau ukuran terkecil.

Umumnya memiliki ciri-ciri warna merah atau cokelat dengan ciri khas titik pada bagian di punggungnya serta warna matanya yang biru cerah dan sangat menarik. harga Ikan Cupang Betta Coccina mulai dari Rp100.000-Rp250.000.

  1. Ikan Cupang Betta imbellis
    Ikan Cupang Betta imbellis atau Slugger’s Betta merupakan sejenis cupang yang berasal dari Medan dan Malaysia dengan ciri khasnya terletak pada bentuk tubuh silinder dan warna tubuh hijau tua atau biru cemerlang.

Kepalanya memiliki bentuk bulat panjang dengan warna hitam legam. Sirip insangnya dilengkapi dengan warna hitam yang transparan. Namun kerap dijumpai juga sirip insang berwarna merah. Harganya Rp60.000 – Rp150.000.

  1. Ikan Cupang Double Tail
    Ikan cupang double trail memiliki karakteristik pada ekor yang terlihat seperti terbelah dua dengan warna yang berbeda. Secara bentuk ikan ini sangat mirip dengan cupang halfmoon atau ikan bulan sepotong.

Ikan cupang double trail juga memiliki variasi warna yang beragam serta cukup langka di pasaran. Untuk harga anakan biasanya berkisar di antara Rp100.000 dan ikan cupang double tail juara berkisar antara Rp2.000.000.

  1. Ikan Cupang Betta Smaragdina
    Ikan Cupang Betta Smaragdina atau Emerald Betta merupakan ikan cupang yang berasal dari negara Kamboja. Tubuhnya umumnya berbentuk pipih dan berwarna hijau kehitaman dengan kepala pendek berwarna kehitaman pula.

Sirip insang juga didominasi oleh warna hitam yang transparan. harga Ikan Cupang Betta Smaragdina mulai dari Rp60.000 – Rp200.000.

  1. Ikan Cupang Giant
    Merupakan persilangan dari berbagai jenis cupang dan memiliki ukuran yang lebih besar dibanding banyak ikan cupang pada umumnya. Bahkan, ikan cupang giant ini memiliki panjang mencapai 10-15 cm.

Karena ukurannya yang lebih besar dia dibandrol dengan lebih mahal. Dibandrol dengan harga anakan Rp50.000 hingga ikan cupang giant petarung di kisaran Rp500.000 hingga Rp1.000.000/ekornya.

  1. Ikan Cupang Big Ear atau Dumbo
    Terakhir adalah ikan cupang big ear atau dumbo sebagai jenis ikan cupang yang juga cukup mahal karena ciri khasnya pada area sirip yang disebut-sebut sebagai telinga gajah sebab ukurannya yang cukup besar.

Ikan cupang big ear ini merupakan jenis cupang persilangan dengan warna dominan orange dan kuning serta warna putih pada area sirip dan ekornya. Harga ikan cupang big ear sekitar Rp400 ribu/ekornya.

Demikian soal ikan cupang termahal yang pernah ada. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment