Terlalu Banyak Komunitas WA? Ikuti Cara Keluar Komunitas WhatsApp dan Langkah Menonaktifkannya Ini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pilihan untuk keluar dari Komunitas WhatsApp dan menonaktifkannya merupakan kebijakan tepat, apabila komunitas tersebut sudah tidak berguna lagi bagi pengguna WA.

Panduan tentang cara keluar dari Komunitas dan menonaktifkannya ini merupakan panduan yang tepat bagimu, terlebih lagi ketika komunitas WA ini sudah dapat mengganggu waktu bersantai dan istirahat.

Untuk melakukan cara keluar dari Komunitas WhatsApp dan menonaktifkan komunitas WA ini sebenarnya mudah untuk dilakukan. Dengan catatan, kamu harus melakukan langkah-langkahnya dengan benar dan tepat.

Fitur Komunitas yang tersedia pada WhatsApp sebenarnya merupakan kumpulan dari beberapa grup yang tergabung menjadi satu. Sehingga, anggota di dalamnya dapat bertukar chat lintas group.

Fitur tersebut rupanya cukup menguntungkan. Tampilan obrolan chat pada halaman WhatsApp tidak akan dipenuhi oleh grup, sehingga kamu tinggal mencarinya saja melalui fitur Komunitas ini.

Perlu diingat, karena sifatnya lebih luas Komunitas WhatsApp akan dihuni oleh lebih banyak orang yang sudah digabungkan oleh admin. Sehingga, bagi sebagian pengguna isi di dalamnya terlalu riuh dan mengganggu waktu santai.

Tah heran di kemudian hari, banyak pengguna WhatsApp yang menginginkan untuk keluar dari Komunitas. Harapannya, ponsel yang selalu berada di sampingnya tidak akan memunculkan notifikasi di setiap saat.

Atau, tema pembicaraan yang berada di Komunitas sudah tidak berkesinambungan ke kehidupan sehari-hari. Bahkan, admin yang memiliki kuasa juga dapat menonaktifkan Komunitas WA ini bila wadah grup tersebut sudah tidak berguna.

Untuk mengetahui cara keluar dari Komunitas WhatsApp dan menonaktifkannya, silahan simak panduan lengkap di bawah ini:

Keluar dari Komunitas WA.

Supaya tidak stress dengan ragam atau isi pembicaraan yang sedang berlangsung di sebuah Komunitas, alangkah baiknya kamu segera keluar.

Mengeluarkan diri dari sebuah Komunitas WhatsApp ini cukup mudah dilakukan. Baik pengguna ponsel Android atau Iphone memiliki langkah yang sama, simaklah uraian di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel.
  2. Pada halaman pertama WhatsApp, klik bagian Tab Komunitas dengan ikon yang melambangkan tiga orang.
  3. Untuk pengguna Iphone, fitur ini bisa dicari dengan menekan tombol 'Community'.
  4. Pilih salah satu Komunitas yang kamu kehendaki untuk keluar.
  5. Setelah masuk ke Komunitas, klik ikon titi tig yang terletak di pojok atas kanan.
  6. Masuk ke Info Komunitas.
  7. Kemudian silahkan ketuk pilihan 'Keluar dari Komunitas'.

Cara Menonaktifkan Komunitas.

Adapun cara selanjutnya dikhususkan untuk pembahasan yang berkaitan dengan penonaktifan Komunitas WA. Sehingga, wadah grup yang sudah tidak berfungsi ini dapat divakumkan secara permanen.

Perlu diingat, penonaktifan Komunitas hanya bisa dilakukan oleh admin saja. Kemudian, seluruh anggota yang berada di dalamnya juga tidak akan mendapat akses setelah komunitas dinonaktifkan.

Untuk melakukannya, perhatikan langkah di bawah ini:

  1. Buka salah WhatsApp.
  2. Masuk ke salah satu komunitas yang ingin dinonaktifkan.
  3. Klik opsi 'Info Komunitas'.
  4. Geser layar ke bawah hingga menemukan 'Deactivate Community'.

Demikianlah pembahasan mengenai cara keluar dari Komunitas WhatsApp dan menonaktifkannya. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment