Lasarus Nilai Ganjar Unggul Debat Capres Tahap Pertama, Beri Solusi terhadap Persoalan Bangsa

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud, Kalimantan Barat, Lasarus menilai penampilan Ganjar Pranowo mengungguli  kandidat lainnya di debat pertama Capres yang digelar KPU, Senin (13/12/2023).

Menurut Lasarus, Ganjar tampil meyakinkan di arena debat, dan mampu memberikan jawaban solutif atas persoalan kebangsaan saat ini.

Adapun tema debat yang diangkat mengenai isu penegakan hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, dan kerukunan warga.

"Mas Ganjar tampil sangat maksimal tadi malam dan tanggapan-tanggapan beliau betul-betul menjadi solusi atas masalah yang tengah terjadi hari ini,” kata Lasarus.

“Sebagai contoh, ketika dimintai tanggapan soal penyelesaian masalah Papua, beliau dengan lugas menjawab akan melakukan pendekatan dialog," lanjutnya.

Lasarus menuturkan, Ganjar juga lebih fokus terhadap tema yang dibahas ketimbang kandidat lain. Ia mencontohkan tiga tanggapan Capres nomor urut 3 itu saat ditanyai tentang pemberantasan korupsi, peningkatan kualitas layanan publik, dan penguatan demokrasi ketika di panggung debat.

"Yang lain ada yang tanya soal-soal di luar tema seperti pupuk dan pengangguran, Mas Ganjar tetap fokus pada apa yang menjadi topik bahasan,” katanya.

Soal pemberantasan korupsi, Ganjar berkomitmen memberikan efek jera kepada koruptor dengan memiskinkannya, kemudian asetnya dirampas untuk negara, lalu menempatkan mereka di Nusakambangan.

“Berikutnya tentang perbaikan tata kelola partai politik yang menjadi bagian dari subtema penguatan demokrasi. Pada soal ini, beliau menjawab akan mendorong partai politik supaya memberikan pendidikan politik kepada masyarakat," tuturnya.

Sementara soal peningkatan layanan publik, Ganjar meresponsnya dengan program LaporGub! Sebuah sistem yang diciptakannya saat jadi Gubernur Jateng, yang oleh para pengamat dinilai sangat efektif untuk menindaklanjuti aduan secara cepat dan tepat.

“Tidak cukup sampai di situ, beliau juga menegaskan komitmennya untuk mengedepankan inklusivitas dengan melibatkan semua kelompok masyarakat, termasuk kelompol rentan. Sehingga goals-nya bukan cuma kualitas layanannya yang meningkat, tapi juga berkeadilan untuk semua," timpal Lasarus.

Kualitas yang ditunjukkan oleh Ganjar pada debat pertama ini pun diyakini Lasarus akan mendongkrak Ganjar-Mahfud.

Dia juga optimis kalau gagasan dan jawaban solutif yang dipaparkan Ganjar akan mendapatkan respons positif dari masyarakat, terutama dari kelompok pemilih yang belum menentukan pilihannya di Pilpres 2024. (andi)***

Leave a comment