Kalbar Peringkat 6 Peningkatan Kunjungan Wisatawan Tertinggi se-Indonesia

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kalimantan Barat menduduki peringkat 6 se-Indonesia dalam peningkatan kunjungan wisatawan sepanjang 2023, berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS.

Capaian ini menjadikan Kalbar Kalbar masuk dalam 10 Top teratas pertumbuhan kunjungan wisatawan se-nusantara.

"Tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan di Kalbar meningkat 35,6 Persen dari tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, Windy Prihastari. Rabu (13/12/2023).

Hingga Oktober 2023, tercatat jumlah kunjungan wisatawan di Kalbar mencapai 3.280.250 pengunjung.

"Pencapaian tersebut tentu upaya kita dalam mempromosikan wisata di Kalbar, artinya tepat sasaran sehingga jumlah wisatawan meningkat," katanya.

Windy menyebutkan sebanyak 85 desa wisata di Kalbar saat ini sudah terintegrasi ke Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dengan pencapaian ini, ia pun mengajak para pelaku usaha ekonomi kreatif tidak berpuas diri. Sebab, masih banyak potensi-potensi yang perlu dikembangkan, agar geliat wisata Kalbar terus meningkat.

“Jangan hanya puas di posisi 6, tapi terus lebih banyak berinovasi dan lebih banyak melakukan hal-hal seperti pembinaan. Agar Kalbar lebih banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara," pesannya.***

Leave a comment