TPD Ganjar-Mahfud Kalbar Optimis Elektabilitas Rebound Pasca-debat Pertama

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Elektabilitas pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud diketahui turun di berbagai survei.

Namun, Tim Pemenangan Daerah atau TPD Ganjar-Mahfud Kalimantan Barat optimis, momen debat perdana yang digelar KPU malam nanti, akan mendongkrak elektabilitas Ganjar-Mahfud.

Ketua TPD Ganjar Mahfud Kalimantan Barat, Lasarus meyakini pasangan calon nomor urut tiga akan mendominasi debat perdana capres cawapres yang bakal digelar malam ini.

Keyakinan itu lantaran keduanya memiliki pengalaman panjang di bidang-bidang yang menjadi tema debat. 

Menurut Lasarus, Ganjar punya pengalaman matang di pemerintahan. Ia sudah punya pengalaman hampir 20 tahun berkiprah sebagai anggota DPR selama dua periode dan Gubernur Jateng dua periode.

"Prof Mahfud malah lebih lengkap karena pernah di eksekutif sebagai menteri, di legislatif sebagai anggota DPR, dan di yudikatif sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi," ujar Lasarus.

Apalagi, tema debat malam ini adalah persoalan  Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Keduanya dipastikan sangat menguasai. Ganjar punya keilmuan mendalam soal hukum karena alumni Fakultas Hukum UGM.

Sementara Mahfud merupakan akademisi bergelar profesor di bidang hukum dan pernah mengemban jabatan sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi. 

"Pak Mahfud lebih paham lagi bahkan bisa dibilang ‘khatam’ soal hukum. Lama jadi hakim, bergelar guru besar bidang hukum, dan pernah menduduki posisi sebagai Ketua MK. Kemudian pada bidang pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga, keduanya jelas sangat paham. Rekam jejak mereka membuktikan itu,” imbuhnya.

“Secara umum, kami meyakini tema debat pertama ini akan menjadi panggung bagi Ganjar Mahfud karena keduanya punya pengalaman panjang di bidang-bidang tersebut,” sambungnya.

Lasarus yakin, dominasi yang ditunjukkan oleh Ganjar Mahfud pada debat perdana nanti  akan mendongkrak elektablitas paslon nomor urut tiga tersebut.

Dia juga optimis kalau penampilan Ganjar Mahfud kelak akan mampu meyakinkan mayoritas kelompok pemilih yang belum menentukan pilihannya di Pilpres 2024.

“Mengacu pada survei yang berkembang, jumlah undecided voters (pemilih yang belum menentukan pilihan) kita masih sangat tinggi. Kelompok inilah yang kami yakini akan bisa diyakinkan oleh Ganjar Mahfud karena penampilan memukau mereka berdua pada saat debat nanti,” tuturnya.

TPD Ganjar-Mahfud juga menggelar nobar pada debat nanti. Nobar diadakan di dua lokasi, yakni di Komplek Mediteranian Palace, No A3 Jalan Sungai Raya Dalam, Pontianak Tenggara dan di Kopikoe Sungai Raya Dalam.

"Semua anggota TPD, parpol koalisi, organ relawan, dan segenap pendukung Ganjar Mahfud, akan hadir. Saya mengajak kita semua untuk menyaksikan debat perdana capres cawapres 2024," pungkasnya. (andi)***

Leave a comment