DPRD Sanggau Minta Pemkab Berdayakan Pokdarwis Bila Ingin Majukan Wisata Daerah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Sanggau diminta melakukan penguatan memberdayakan keterlibatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Sanggau, bila ingin berkomitmen memajukan sektor pariwisata di daerah.

Hal itu dikatakan anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Dewi Marlina, kemarin.

Wakil Ketua Fraksi Gerakan Solidaritas mengungkapkan fraksinya sangat memperhatikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Sanggau

Satu diantaranya bagaimana mendorong Pemkab kemampuan dan kapasitas Pokdarwis melalui program-program pemberdayaan. Misalnya pelatihan tentang pariwisata.

Karena keberadaan Pokdarwis di daerah memiliki peran penting dalam mengurus potensi wisata yang ada.

Mereka perlu dilatih dan dibimbing sehingga mampu membantu Pemkab memaksimalkan potensi wisata di Bumi Daranante.

“Dengan memberikan peningkatan wawasan kepada para kelompok melalui studi banding ke wilayah-wilayah lain yang sudah maksud di bidang wisatanya, serta menyediakan sarana dan pra sarana pununjang, untuk menggali potensi wisata baru,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu hambatan yang banyak dialami Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di daerah.

Menurut Menparekraf, pengembangan SDM unggul di daerah yang menjadi salah satu hambatan akan diselesaikan dengan berkolaborasi antar berbagai pihak, termasuk kementerian/lembaga lainnya.

Ia menegaskan keberadaan SDM yang unggul ditujukan untuk memaksimalkan berbagai potensi di desa wisata secara berkualitas dan berkelanjutan. ***

Tags :

Leave a comment