Dukung Renstra Kesehatan, Komisi IV DPRD Sanggau Fokus Masyarakat Kurang Mampu

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, Insidepontianak.com - Komisi IV DPRD Sanggau mendukung Rencana Strategis (Renstra) bidang Kesehatan 2025-2026. Namun, idealnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau tetap fokus pada mayarakat yang kurang mampu.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Sanggau, Bambang Joko Winayu, saat menghadiri Forum Perangkat Daerah Penyusunan Renstra Tahun 2025-2026 Bidang Kesehatan.

Artinya, Komisi IV DPRD Sanggau ingin Pemkab dalam menyusun Renstra tetap fokus atau tidak melupakan pelayanan pada masyarakat kurang mampu, terutama jika menyangkut kesehatan.

"Saya kira yang terpenting ialah bagaimana memaksimalkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Sanggau," tegas Bambang Joko Winayu pada wartawan, Selasa (5/12/2023) lalu.

Penyusunan Renstra Bidang Kesehatan ini terkait dengan penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Pemerintah Kabupaten Sanggau Tahun 2025-2026.

Acara tersebut digelar Dinas Kesehatan kabupaten Sanggau, dengan tujuan meningkatkan kualitas pembangunan bidang kesehatan. Tepatnya di Aula Dinkes, Senin (4/11/2023) lalu.

Selain Ketua Komisi IV DPRD Sanggau, hadir juga perwakilan Bappeda, Inspektorat, BPJS Kesehatan Cabang Sanggau, Loka POM Sanggau, RSUD Mth Djaman, RS Temenggung Gergaji, TAPD Kabupaten Sanggau serta 19 Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sanggau.

Yang jelas, Bambang Joko Winayu sebagai Ketua Komisi IV DPRD Sanggau mengatakan, pihaknya di legislatif sangat mendukung segala upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Sanggau.

Seperti diketahui, tugas Komisi IV DPRD Sanggau berkaitan dengan kesehatan, penanganan bencana, Keluarga berencana, perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan ilmu pengetahuan.

Selain itu juga meliputi agama, sosial, ketenagakerjaan, kebudayaan dan adat istiadat, pendidikan, organisasi kemasyarakatan pemuda, olahraga, teknologi, hingga transmigrasi atau mobilitas penduduk.

Komisi IV DPRD Sanggau ini terdiri dari sembian orang, selain Bambang Joko Winayu sebagai ketua, ada Joni sebagai wakil ketua, dan Yeremias Marsilinus yang menjadi sekretaris.

Sementara Rosni, Epifania Ratih Kumala Dewi, Fransiskus Kicun, Leonardo AH Silalahi, Supriadi, dan Agustini Ramahani sebagai anggota komisi.

"Kami di Komisi IV DPRD Sanggau tentu sangat mendukung Renstra yang sudah disusun Dinas Kesehatan bersama sama Forum Perangkat Daerah dan juga melibatkan satuan pelayanan di Puskesmas se-Kabupaten Sanggau," jelasnya.

Tidak sekadar mendukung lewat kata-kata, Komisi IV DPRD Sanggau, juga menunjukkan dukungan melalui bukti hitam di atas putih. "Hari ini kita telah mantapkan dan penandatangan kesepakatan Komisi IV DPRD Sanggau dan perangkat daerah," tegas Ketua Komisi IV DPRD Sanggau itu.

Sebagai informasi, Renstra Kesehatan yang disusun melingkupi isu strategis dan memetakan masalah kesehatan masyarakat, peningkatan saran dan prasarana, serta sumber daya manusia.

Karena itu, Bambang Joko Winayu berharap, hal tersebut bisa berdampak positif terhadap pelayanan bagi masyarakat ke depan.

"Secara khusus bagi masyarakat kecil yang kurang mampu," pungkasnya. (REDAKSI)

Leave a comment