Ini Ragam Fitur dan Tampilan Jam Tangan yang Perlu Anda Tahu

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Semakin banyak fitur dan tampilan yang menawan menjadikan jam tangan bertambah mahal, benarkah? Jawabnya bisa jadi iya, tapi esensinya bukan di situ

Sejatinya jam tangan adalah alat bantu manusia untuk melihat waktu. Karena itu, tampilan dan fitur pun sejatinya bukan sekadar akseoris semata.

Artinya, baik fitur atau tampilan, jam tangan idealnya seuai dengan kbutuhan Anda. Ya, meski kadang manusia lebih tergoda pada gaya dibandingkan fungsi bukan?

Melansir horologystory.com, Senin (4/12/2023), setidaknya ada 14 fitur yang tersedia di berbagai jenis atau genre jam tangan yang beredar di pasaran.

Pertama adalah jam tangan dengan tiga jarum saja. Yakni jarum detik, jarum menit, dan jarum jam. Lalu, ada jam tangan dengan fitur kalender, mulai dari fitur yang sederhana, tanggal saja, ada juga fitur annual kalender dan perpetual.

Ada juga fitur chronograph, mampu menghitung waktu tertentu dalam sebuah even. engan fitur ini Anda bisa menghitung waktu mundur dengan menggunakan stopwatch yang dioperasikan dari 2 pusher tambahan selain crown yang ada di jam tangannya.

Pun ada jam tangan dengan fitur GMT, yakni untuk membaca 2 atau 3 waktu sekaligus dengan adanya tambahan jarum GMT. Tidak ketinggalan fitur World Timer, bisa membantu membaca zona waktu di kota-kota tertentu di dunia.

Berikutnya fitur jumping hours, yakni ada 1 window angka yang merupakan indikator jam, sementara jarum menit yang setiap masuk ke menit ke-60 balik lagi ke posisi 0 bersamaan dengan bergesernya indikator jam.

Kemudian fitur profesional dive, memenuhi standar ISO khusus untuk penyelam sehingga mampu mengukur kedalaman dan dan biasanya juga ada fitur helium ecape valve-nya.

Ada juga jam tangan dengan fitur moonphase, ciri khasnya ada bentuk setengah bulan pada dialnya, dan salah satu kegunaan dari moonphase ini memudahkan melihat waktu AM atau PM.

Fitur kompas juga ada, tentunya untuk melihat arah. Dan, fitur minute repeater yang bisa mengetahui waktu dengan mendengarkan bunyi atau chimes.

Lalu sebut saja fitur alarm, tentu Anda paham fungsinya. Juga ada jam tangan yang punya fitur dokter, yakni digunakan untuk dokter karena ada indicator heart rate, detak permenit dan setelah masuk ke era mechanical chronograph.

Dua fitur lainnya adalah slide rule dan smartwathches. Slide rule bisa melakukan perhitungan matematika, menghitung jarak berdasarkan waktu, dan lain-lain. Sementara smartwathches memiliki segudang fitur yang bermanfaat.

Selain fitur, tampilan atau display jam tangan juga menjadi tandar pilihan. Nah, berikut beberapa display pada jam tangan:

  1. Analog
    Penunjuk waktunya menggunakan 3 jarum yakni jam, menit, dan detik, Masing-maing jarum menunjuk ke marker-marker yang ada pada dial, baik itu berbentuk angka ataupun bukan angka.
  2. Digital
    Penunjuk waktunya ditunjukkan dengan menggunakan indikator sebuah perangkat elektronik tanpa adanya jarum, perangkat tersebut bisa menampilkan penunjuk waktu.
  3. Hybrid
    Tampilan yang menggabungkan antara analog dengan digital. Biasanya disebut dengan Anadigi Watches. Jam tangan ini pertama kali dikembangkan olh Casio.
  4. Tactile
    Tampilan ini untuk memfasilitasi orang-orang yang tidak bisa melihat. Artinya tidak ilihat, tapi cukup disentuh atau diraba. Biasanya juga disebut dengan Braile Watces.
  5. Touchcreen
    Jam tangan dengan touchscreen display ini banyak didominasi pada jam tangan-jam tangan type smartwatch.

Demikian soal fitur dan ragam tampilan dari jam tangan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment