Jaga Privasi Lebih Aman dengan 2 Cara Hapus Histori Google

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Menjaga mesin pencarian agar lebih aman rupanya mudah dilakukan. Kamu hanya mengikuti 2 cara hapus histori Google yang akan dibagikan di bawah ini.

Melalui pembahasan mengenai 2 cara hapus histori Google ini, jejak pencarian yang pernah dilakukan oleh pengguna akan tampak lebih bersih. Sehingga, orang lain tidak dapat mengintipnya ketika meminjam perangkat elektronik.

Terlepas dari itu semua, 2 cara hapus histori Google ini sebenarnya juga dapat mengamankan rekam jejak pengguna di dunia maya. Hal ini bersifat penting, tatkala smartphone atau laptop hilang.

Sebenarnya, tutorial tentang cara menghapus histori Google ini cukup tricky. Banyak pula pengguna internet menyangka, bahwa cara tersebut sangat mirip dengan menghapus pada Chrome.

Pada kasus keseharian, suatu situs yang pernah dikunjungi akan tersimpan dengan rapi pada sebuah akun Google. Bila tidak pernah dihapus, jejak tersebut sangat mudah dibaca oleh orang lain.

Sebagai contohnya, bila kamu pernah mencari tentang website 'Middle East Eye', alamatnya akan tersimpan secara otomatis.

Hal ini bisa diketahui, bila pada pertama kali mengetikkan kata 'Middle' pada kolom pencarian Google. Sehingga, mesin tersebut akan menyuguhkan preferensi 'Middle East Eye' di barisan pertama.

Agar tidak mudah terbaca oleh orang lain. Penting rasanya untuk mengetahui 2 cara hapus histori Google dengan langkah-langkah berikut ini:

Hapus Histori Google di Laptop

Trik pertama yang akan dibagikan kali ini yakni dikhususkan bagi pengguna laptop atau komputer. Cara penghapusan histori Google ini mudah dilakukan di PC, simaklah uraian di bawah ini:

  1. Buka Google di browser dengan mengetikkan halaman Google.com.
  2. Pastikan log in dengan akun yang histori Google-nya hendak dihapus.
  3. Klik opsi 'Setelan' akun.
  4. Pilih opsi 'Histori Penelusuran'.
  5. Daftar pencarian lampau akan diberikan lengkap.
  6. Klik opsi 'Hapus'
  7. Google juga menawarkan rentang waktu yang hendak dihapus. Mulai dari batas 'Hari Ini', dalam waktu tertentu, atau semuanya.
  8. Pilihlah salah satu opsi yang diberikan.
  9. Untuk menghapus secara otomatis. Pilihlah beberapa waktu yang ditawarkan seperti '3 bulan', '18 bulan', dan '36 bulan'.

Hapus Histori Google di HP.

Berbeda dengan cara pertama,. trik yang kedua dikhususkan bagi pengguna yang kerap berselancar di dunia maya melalui smartphone.

Merasa penasaran dengan uraian lengkapnya? Begini tutorial lengkap penghapusan histori di Google:

  1. Buka Google dengan mengetik halaman Google.com. Atau, bukalah melalui aplikasi Google yang telah terpasang.
  2. Log in dengan akun yang riwayat pencariannya hendak dihapus.
  3. Pada halaman pertama, tepatnya di bagian bawah klik pilihan 'Setelan'. Bila ponsel yang digunakan Android, letaknya di atas.
  4. Pilih opsi 'Histori Penelusuran'.
  5. Lantas, pengguna akan disajikan list riwayat dengan lengkap dan penuh.
  6. Selain itu, pengguna juga diberikan opsi penghapusan dalam batas waktu 'Hari Ini' saja, pada batas tertentu, dan 'Semua'.
  7. Pilihlah salah satu dari tiga pilihan tersebut.
  8. Pengguna juga dapat mengaktifkan menghapus waktu tertentu. Di antaranya adalah 3 bulan, 18 bulan, dan 36 bulan.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai 2 cara penghapusan histori Google dengan mudah agar privasi lebih aman. Selamat mencoba! (Dzikrullah)***

Leave a comment