Mengenal Karangan Bunga Tangan atau Buket Bunga, dari Sejarah hingga yang Populer

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Selain papan bunga, jenis karangan bunga tangan atau buket bunga juga bisa dikatakan populer. Bagaimana tidak, jenis ini meman indah.

Ya, karangan bunga jenis ini disusun sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. Pun, buket bunga telah populer alias menyita perhatian sejak lama.

Merunut sejarah, buket bunga bahkan telah populer sejak abad 15. Artinya, jenis karangan bunga ini memang sudah jadi analan sejak dulu.

Melansir pinus.florist, Kamis (30/11/2023), buku tertua yang berisi tentang seni rangkaian bunga yang pernah ditemukan berasal dari Jepang sekitar 1445. Seni merangkai bunga ini disebut dengan nama ikebana.

Namun, sebenarnya seni rangkaian bunga ikebana ini berasal dari China. Seni ini dibawa oleh para biksu dan biksuni pada zaman kuno.

Dahulu merangkai bunga merupakan kesenian yang ekslusif dan sakral. Sekarang bunga masih menjadi salah satu bahan utama persembahan para biksu Budha.

Berkat keindahan dan kesederhanaan seni merangkai bunga ini ternyata membuat banyak banyak orang, terutama orang-orang dari belahan bumi bagian barat menjadi tertarik.

Hal ini dapat dilihat dari gaya karangan bunga yang ada di wilayah Eropa pada abad ke-19 ada kemiripan dengan ikebana.

Di Eropa, rangkaian bunga sudah menjadi seni formal yang bahkan bisa menjadi sebuah sekolah tersendiri dan menjadi pekerjaan profesional.

Bahkan, di Belanda pada abad ke-18, dekorasi rumah para keluarga bangsawan seakan wajib harus ada karangan bunga.

Yang jelas, ada berbagai macam jenis bunga yang dapat digunakan untuk membuat buket bunga. Untuk merangkai buket bunga diperlukan keahlian khusus sehingga bisa menghasilkan bentuk yang menarik.

Untuk itu tidak semua orang bisa merangkai buket bunga. Walaupun terlihat sederhana merangkai buket bunga bukan merupakan hal mudah bagi orang awam.

Anda memerlukan pengetahuan yang cukup mengetahui jenis-jenis bunga dan juga cara merangkai yang tepat sehingga menjadi perpaduan yang tepat.

Buket bunga merupakan salah satu jenis rangkaian yang sangat dicari di pasaran. Bisa dikatakan buket bunga merupakan salah satu yang paling sering digunakan pada acara-acara.

Nah, berikut beberapa buket bunga yang populer:

  1. Buket Biedermeier
    Buket biedermeier merupakan bunga yang disusun dengan pola melingkar. Lingkaran bunga bisa tersusun dari beberapa lapis warna, namun setiap lapis susunan bunga tetap satu warna. Buket ini berasal dari interior design asal Jerman.
  2. Buket Posy
    Posy berukuran kecil sehingga bisa dipegang hanya dengan satu tangan. Bagian tangkai bunganya tertutup dibungkus pita atau kain sebagai holder/pegangan. Buket ini umumnya terdiri dari bunga, tidak ada tangkai daun-daunan.
  3. Buket Nosegay
    Nosegay merupakan gugusan bunga berbentuk melingkar. Meski sangat mirip dengan posy, buket nosegay lebih memasukkan elemen tumbuhan berwarna hijau.

Buket ini populer di tahun 1300-an dimana awal mula digunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap, karena fungsi inilah buket ini disebut dengan istilah nosegay.

  1. Buket Cascade
    Buket bunga ini bisa sangat menarik perhatian banyak orang karena desainnya cukup wah dengan juntaian rangkaian bunga yang menjulur ke bawah. Seakan seperti air terjun.

Desain buket cascade menciptakan suasana pernikahan yang dramatis dan sinematis layaknya keluarga bangsawan atau kerajaan.

  1. Buket Hoop
    Buket bunga hoop disusun dari campuran bermacam bunga dan tanaman hijau, disatukan dengan sentuhan elegan menggunakan pita yang warnanya senada dengan tema pernikahan.
  2. Buket Balerina
    Style buket ini berasal dari tahun 1940, saat ketersediaan bunga sangat langka. Jadi jumlah bunga yang dipakai untuk rangkaian cukup sedikit. Sehingga desain bunga ditambahkan dengan kain tulle dan juga rangkaian pita.
  3. Buket Bunga Arm Sheaf
    Ciri khas buket ini adalah terdiri dari bunga yang bentuknya memanjang. Jadi ketika dibawa, orang harus membawanya dengan ditaruh di bagian lengan dalam seperti menggendong bayi.

Demikian soal sejarah buket bunga, salah satu jenis karangan bungan yang popoler. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment