Selain untuk Komunikasi, Fungsi Media Sosial Itu untuk Imej

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Adalah keniscayaan fungsi media sosial adalah untuk komunikasi. Dan, secara konkret media sosial itu juga berguna untuk imej.

Fungsi komunikasi yang dimaksud di sini tidak sekadar citra seseorang di media sosial, tapi menyangkut banyak hal. Contohnya, imej sebuah tempat usaha.

Artinya, sebagai alat komunikasi, media sosial memiliki banyak fungsi. Bisa menaikkan imej pun bisa juga sebaliknya, tergantung penggunanya.

Melansir gramedia.com, Rabu (29/11/2023), sebagai salah satu platform digital yang paling banyak digunakan saat ini, media sosial berhasil menghubungkan hampir setiap orang yang memiliki akses internet.

Namun, fungsi media sosial ternyata tidak hanya sebatas itu saja, ada banyak sekali fungsi lain yang bisa Anda dapatkan dari media sosial.

Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi media sosial yang bisa Anda manfaatkan:

  1. Komunikasi
    Fungsi pertama dari media sosial tentunya adalah komunikasi. Sebelum berkembang hingga seperti ini, media sosial pada awalnya hanya berfokus pada membangun ekosistem komunikasi yang baik baik bagi pengguna.

Namun, seiring dengan berkembangnya internet dan teknologi, media sosial lebih dari hanya komunikasi, media sosial telah menjadi dunia kedua bagi manusia di seluruh belahan dunia untuk berkumpul dan berinteraksi.

Yang jelas, media sosial telah berhasil membangun komunikasi yang tanpa batasan waktu dan geografi.

  1. Branding
    Media sosial selalu berkembang dan menyediakan berbagai kebutuhan dari manusia, salah satunya yaitu branding. Branding sendiri adalah cara seseorang dalam membangun sebuah citra di mata banyak orang.

Untuk melakukan branding, pengguna biasanya memiliki cara yang unik dan khas untuk mendesain akun media sosial sehingga menarik untuk dilihat pengguna yang lain.

Hal inilah yang menjadikan akun media sosial mirip seperti dunia nyata, karena setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing.

  1. Tempat Usaha
    Media sosial berkembang sehingga membuat setiap penggunanya dapat membangun sebuah usaha dalam jaringan atau online. Sebagai tempat yang terbuka selama 24 jam, media sosial terbukti sangat memudahkan membangun suatu bisnis secara maya.

Hal ini diprediksi memiliki banyak potensi untuk menjangkau lebih banyak orang dibandingkan usaha yang hanya mengandalkan dunia nyata.

  1. Marketing
    Sebagai platform yang hampir selalu digunakan oleh manusia, sekarang ini media sosial berhasil menciptakan layanan yang memudahkan pebisnis untuk mengenalkan dan menjangkau lebih banyak konsumen.

Cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan keuntungan dan memudahkan pengguna untuk mendapatkan kebutuhannya. Ya, fungsi keempat dari media sosial adalah untuk melakukan marketing atau pemasaran.

Sebagai pengingat, sejatinya media sosial dapat dipahami sebagai suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di media sosial, misalnya yaitu melakukan komunikasi atau interaksi hingga memberikan informasi atau konten berupa tulisan, foto dan video.

Demikian soal empat fungsi media sosial yang bisa Anda manfaatkan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment