Cara Mudah Membuat Drop Down List Dua Pilihan Praktis di Microsoft Excel: Tanpa Perlu Ketik Secara Detail

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Kebutuhan merangkum kumpulan data dari daftar pilihan sangat dibutuhkan. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui cara mudah membuat Drop Down List dua pilihan di Microsoft Excel.

Melalui tutorial tentang cara mudah membuat Drop Down List dua pilihan di Microsoft Excel ini, kamu tidak perlu mengetik atau menyalin kumpulan data banyak yang telah dikumpulkan. Melainkan, prosesnya sangat membutuhkan waktu singkat.

Benar sekali, tutorial mengenai cara mudah membuat Drop Down List dua pilihan di Microsoft Excel ini kiranya sangat penting. Sehingga, akan banyak waktu yang tidak terbuang sia-sia dalam proses pembuatannya.

Microsoft Excel sendiri merupakan aplikasi kantoran yang diperuntukkan untuk mencatat, atau merangkai tumpukan data. Karena sangat ahli dalam pengurusan angka, platform ini pun menyediakan fitur khusus dalam pembuatan Drop Down List.

Adapun yang dimaksud dengan Drop Down List ini tidak lain merupakan tabel yang merangkum daftar pilihan dari data yang berhasil terhimpun. Biasanya, hal ini sangat penting diterapkan di dalam perusahaan atau institusi pendudukan.

Bila mengerjakan sebuah proyek yang berhubungan dengan daftar pilihan dikerjakan secara manual, pastinya kamu diharuskan untuk mengetikkan variabel atau angka yang membutuhkan waktu cukup lama.

Akan tetapi, dengan bantuan Microsoft Excel ini semuanya akan dilakukan dalam durasi yang singkat. Sehingga, kamu tidak perlu lagi memandangi layar monitor dalam waktu lama.

Adapun pembahasan tentang pembuatan daftar pilihan kali ini, hanya berupa dua opsi yang akan dimasukkan dengan angka sebuah data.

Agar dapat mengetahui cara membuat drop down list di Microsoft Excel dengan benar, kamu harus mengikuti panduan yang akan dibagikan di bawah ini:

Cara Buat Drop Down List Dua Pilihan.

Sebelum menuju ke langkah mendetail, pastikan kamu telah memiliki kumpulan data yang hendak dibuatkan daftar pilihan di dalam Microsoft Excel.

Selain itu, pastikan pula data tersebut telah mendapat validasi atau bersifat permanen. Sehingga, kamu tidak perlu lagi mengubahnya di kemudian hari.

Adapun contoh yang akan disebutkan nanti, tim Insidepontianak akan menggunakan jenis nama laptop Windows dan Macbook.

Supaya tidak menyita waktu lebih banyak, berikut ini ulasan mengenai pembuatan daftar pilihan:

  1. Buka dokumen jenis laptop yang hendak dibuatkan daftar pilihan di aplikasi Excel.
  2. Buatlah terlebih dahulu tabel yang akan menampung data tersebut.
  3. Blok seluruh tabel yang telah dibuat. Sehingga kamu bisa mengisinya pada langkah selanjutnya.
  4. Klik 'Data' pada menu toolbar Excel.
  5. Atau, kamu bisa menemukan menu 'Data Validation' pada deretan atas ketika menggunakan Microsoft 365.
  6. Setelah itu akan muncul pop-up 'Text Column'.
  7. Klik ikon kotak pada pup-up.
  8. Ketuk opsi 'List' pada bagian 'Allow'.
  9. Pada bagian 'Source' tuliskan data yang ingin dijadikan di dalam Drop Down List. Sebagai contoh di sini yakni Windows dan Macbook, jadi kamu hanya menulisnya dengan Windows;Macbook.
  10. Klik opsi 'Ok' untuk melanjutkan.
  11. Klik bagian tabel yang hendak diisi dengan data, yakni pada 'Windows' atau 'Macbook'.
  12. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengisi data dengan cara manual yang menyita waktu.

Demikianlah cara membuat Drop Down List dua pilihan di Microsoft Excel. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment