Kunjungi Posyandu Puring Sentagi Bengkayang, Harisson Ingatkan Pentingnya Pola Asuh Anak Cegah Stunting

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

BENGKAYANG, insidepontianak.com - Usai meninjau Pasar Teratai, Pj Gubernur Kalbar, Harisson, bersama Pj Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari, kunjungi Posyandu Puring Sentagi Dalam, yang berasa di Desa Bani Amas, Bengkayang, Senin (20/11/2023).

Kunjungan ke Posyandu ini untuk memberikan pembekalan terkait tata kelola pelayanan di Posyandu. Salah satunya, screening kesehatan ibu dan anak, khususnya ibu hamil dan anak balita. Tujuannya untuk mencegah kasus stunting pada anak.

Di kesempatan itu, Harisson menyampaikan pentingnya pencegahan stunting pada anak untuk menghadapi bonus demografi pada tahun 2045.

"Di tahun 2045 nanti, indonesia itu mengalami bonus demografi yang dimana angkatan tenaga kerja kita itu lebih banyak usia produktif daripada non produktif," katanya.

Kemudian Indonesia juga akan menjadi salah satu negara maju, di mana investor dari dalam dan luar negeri akan banyak membutuhkan tenaga kerja yang berkompeten dan mempunyai keahlian.

"Jadi jangan sampai nanti anak kita yang sekarang kita besarkan, kita asuh sekarang ini di tahun 2045 nanti dia tumbuh tidak sesuai dengan yang kita harapkan," pesan Harisson.

Ia pun memastikan, stunting dapat diatasi sejak dini. Kuncinya, ibu-ibu harus memiliki pengetahuan pencegahannya. Seperti pola asuh yang baik, pemberian imunisasi lengkap, dan pemberian asi yang cukup kepada anaknya.

Selain itu, Harisson taklupa menyampaikan edukasi mencegah kasus demam berdarah dengue atau DBD yang kini cukup tinggi dan mengancam anak-anak.

"Nah kemudian saya mau pesan soal demam berdarah. Jentik-jentik nyamuk itu ada di tempat-tempat yang tergenang air. Jadi ibu-ibu harus benar-benar peduli, jangan sampai ada jentik-jentik," pesannya.

Sementara, Dinas Kesehatan diminta melakukan fogging, disertai dengan sosialisasi gerakan pemberantasan sarang nyamuk, seperti menguras bak mandi dan menaburkan bukik abate di tempat penampungan air.

Terakhir, Harisao memuji Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkayang yang telah membina para kader Posyandu, dan berharap para Tim Penggerak PKK dapat terus giat mengunjungi dan melakukan pembinaan ke Posyandu untuk mencegah stunting.

"Jadi saya harapkan ibu Ketua Tim Penggerak PKK ini benar-benar dapat terus mengunjungi posyandu melakukan pembinaan ke Posyandu," pungkasnya.***

Leave a comment