3 Penyebab WhatsApp Error dan Cara Mengatasi WA yang Tiba-Tiba Berhenti

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Terdapat 3 penyebab utama WhatsApp (WA) mengalami error saat dioperasikan. Namun, problem tersebut bisa dicari solusinya dengan cara mengatasi WA yang tiba-tiba berhenti.

Pada artikel kali ini, 3 penyebab WhatsApp error ini bisa terjadi kapan saja. Bila hal ini pernah dialami olehmu, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat cara mengatasi WA yang tiba-tiba berhenti, seperti akan diuraikan nanti.

Karena mengalami 3 kendala WhatsApp error, cara memperbaikinya hanya bisa dilakukan dengan salah satu dari cara mengatasi WA yang tiba-tiba berhenti ini. Dengan begitu medsos berlogo telepon genggam ini bisa bekerja kembali.

Bagi sebagian pengguna, aplikasi WhatsApp yang menunjukkan error biasanya akan menimbulkan rasa panik. Bahkan, pada suatu waktu tidak berjalannya aplikasi tersebut dikira adanya campur tangan hacker.

Lumrahnya, WhatsApp akan memberikan tanda-tanda error kepada penggunanya. Yaitu akan muncul pop-up notifikasi 'Unfortunately WhatsApp has been stoped', yang bermakna 'Sayangnya WhatsApp tiba-tiba berhenti'.

Kemudian, ponsel pun akan keluar secara otomatis dari aplikasi. Bahkan, meski hendak memaksa masuk kembali WhatsApp akan merespon hal yang sama.

Menganalisa hal itu, sebenarnya terdapat beberapa alasan mengapa WA tiba-tiba error. Berikut ulasannya yang dilengkapi dengan cara mengatasi problem tersebut:

  1. Bug pada Aplikasi dan HP.

Salah satu faktor utama yang menyebabkan WhatsApp berhenti mendadak, yakni karena bug atau masalah pada aplikasi.

Hal inilah yang memicu kepada WhatsApp akan selalu error meski dipaksa masuk. Selanjutnya, pengguna perlu mengatasinya dengan cara khusus yang akan di bagian nanti.

Bila hal yang terjadi demikian, cobalah untuk keluar WhatsApp untuk beberapa menit agar aplikasi kembali merefresh dengan mudah.

Setelah itu, bukalah kembali aplikasi WhatsApp yang sudah ditutup. Lumrahnya, bug pun tidak akan muncul kembali.

Selain timbul dari aplikasi, bug juga bisa disebabkan oleh ponsel pengguna. Bahkan bila demikian, tidak hanya WhatsApp saja yang mengalami error aplikasi lain juga akan mengalami kendala yang sama.

Untuk bug pada ponsel, barangkali sistem software yang dimiliki oleh perangkat tersebut telah usang. Sehingga, bug pun kerap muncul.

Cara mengatasinya hampir sama dengan solusi yang pertama. Kamu perlu mematikan daya ponsel beberapa saat. Kemudian hidupkan kembali agar sistem dalam ponsel kembali segar.

Atau bila memungkinkan, kamu hanya perlu menekan opsi restart supaya ponsel dapat dengan mudah hidup kembali.

  1. Aplikasi Tidak Diupdate.

Salah satu problem WA berhenti juga karena bisa saja disebabkan oleh aplikasi sudah terlalu tua dan tidak pernah diperbarui.

Selin itu, aplikasi WA yang tidak pernah diperbarui juga akan rentan terhadap serangan siber. Tidak heran banyak kasus penyadapan melalui medsos ini karena tidak rutin diperbarui.

Mengatasi kedua problem di atas, kamu hanya perlu pergi ke Play Store atau App Store di masing-masing HP. Kemudian, update-lah aplikasi WA ke versi yang baru.

  1. Penumpukan Cache.

Penyebab WA error yang terakhir rupanya bisa disebabkan oleh penumpukan cache. Untuk menghilangkannya, silahkan pergi ke pengaturan ponsel.

Kemudian, pilihlah menu 'Pengelola Aplikasi' atau 'Pengaturan Aplikasi'. Hapuslah penumpukan cache pada WhatsApp dengan mengetuk opsi 'Clear All Cache'.

Demikianlah pembahasan mengenai 3 penyebab WhatsApp error dan cara mengatasi WA yang tiba-tiba berhenti. Semoga artikel ini bermanfaat! (Dzikrullah) ***

Leave a comment