2 Cara Hapus Riwayat Pencarian Incognito Chrome Agar Privasi Pengguna Lebih Aman

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Mengetahui 2 cara khusus hapus riwayat pencarian Incognito Chrome memiliki benefit tersendiri. Yakni, histori pengguna tidak dapat terbaca oleh orang lain ketika mereka berusaha melacaknya.

Meski memiliki keuntungan tersendiri, terdapat 2 cara khusus untuk hapus riwayat pencarian Incognito Chrome. Panduan ini tidak sama dengan menghapus riwayat Chrome atau apps browser lainnya, karena triknya juga melalui laman website tersendiri.

Kemudian, 2 cara hapus riwayat pencarian Incognito Chrome ini juga bisa menyembunyikan hasil daftar histori yang pernah dikunjungi. Dengan kata lain, list situs tersebut akan terhapus permanen dari penyimpanan data website.

Barangkali terasa aneh ketika ada cara khusus untuk menghilangkan jejak riwayat di Incognito. Pasalnya, fitur tersebut merupakan mode penyamaran yang secara otomatis sudah menyembunyikan riwayat pencarian.

Meski bekerja seperti itu, faktanya endapan data dari situs yang pernah dibuka di Incognito masih tersimpan aman. Jadi sistem yang terdapat padanya tidak menghilangkan seratus persen riwayat pencarian pengguna.

Secara sepintas memang sudah jelas bahwa kueri web, riwayat penelusuran, dan cookie tidak dapat dilacak padanya. Akan tetapi, bila ditelusuri melalui Internet Service Provider (ISP) hal itu semuanya akan dengan mudah ditampilkan.

Begitupula ketika dijelajahi melalui cache Domain Name System, data riwayat penelusuran yang pernah dilakukan di Incognito masih tersimpan dalam bentuk ini.

Bagi pengguna yang sangat ingin menjaga kerahasiaannya, endapan yang tersimpan dalam bentuk DNS masihlah menjadi masalah. Kabar buruknya, hacker dapat mengaksesnya dengan mudah tanpa disadari pengguna.

Namun, kamu tidak perlu panik mendengar hal tersebut. Sebab, terdapat 2 cara khusus dapat menghapus riwayat pencarian di Incognito Chrome. Perhatikan panduan berikut ini:

Hapus Riwayat Incognito di HP.

  1. Buka aplikasi Google Chrome yang sudah terpasang di tablet, atau di ponsel.
  2. Pada kolom pencarian, silahkan ketik laman chrome://net-internals/#dns.
  3. Kemudian, jangan lupa untuk menekan tombol 'Enter' pada keyboard.
  4. Mesin pencarian akan menampilkan sebagian DNS dari situs yang pernah dibuka.
  5. Klik opsi 'Clear Host Cache'.

Hapus Pencarian Incognito di Windows.

Bila menggunakan PC dengan sistem windows, terdapat cara tersendiri untuk menghilangkan jejak pencarian di Incognito. Perhatikan uraiannya di bawah ini:

  1. Tekan ikon Windows.
  2. Lakukan cara shortcut untuk menampilkan 'Run Command' di Window, caranya tekan tombol 'Windows + R' secara bersamaan.
  3. Pada kolom dialog Run, silahkan ketikkan 'CMD'.
  4. Setelah itu, tekan tombol 'Ctrl + Shift + Enter' secara bersamaan untuk membuka Command Prompt.
  5. Ketikkan 'ipconfg/flushdns'.
  6. Terakhir tekan 'Enter' pada keyboard.

Dengan begitu, riwayat pencarian dari kumpulan website di Incognito Chrome akan terhapus secara permanen. Bahkan, tidak akan ada lagi endapan data berupa cache.

Demikianlah 2 cara hapus riwayat pencarian Incognito Chrome agar privasi pengguna lebih aman. (Dzikrullah) ***

Leave a comment