Viral Video Diduga Tersangka Kasus Anak HS Liburan, Pengacara Korban: Rasa Keadilan Terkoyak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Viral video diduga tersangka persetubuhan anak HS sedang liburan di salah satu tempat wisata di Kota Singkawang.

Video itu pun menuai respon kuasa hukum korban, Ferri Iswanda. Menurutnya, video korban berkeliaran diluar telah mengoyak rasa keadilan.

Kuasa hukum korban, Ferri Iswanda mengaku, tidak tahu apakah tersangka HS ditangguhkan atau penahanannya dialihkan mejadi tahanan kota. Sebab, sampai dengan saat ini pihaknya tidak mendapatkan surat resmi dari penyelidik Polresta Pontianak.

"Kalau status tersangka ini pengalihan penahanan, maka keberadaan dia di luar Kota Pontianak jelas pelanggaran," terang Ferri, Sabtu (4/11/2023).

Namun, jika memang HS diberikan penangguhan secara hukum maka tidak melanggar. Tetapi, mengoyak rasa keadilan untuk korban.

Tak hanya itu, institusi kepolisian juga akan dipandang buruk masyarakat. Oleh karena itu seharusnya penyidik Polresta Pontianak mengambil sikap tegas terhadap tersangka.

"Untuk menjaga integritas polisi, maka seharusnya penyidik Polresta Pontianak mengevaluasi kebijakan mereka menangguhkan penahanan tersangka HS," ucap Ferri.

Ferri juga meminta kepada penyidik agar menjelaskan kepada masyarakat, status penahanan tersangka HS. Apakah penangguhan atau pengalihan penahanan.

"Kami memahami mungkin penyidik kesulitan untuk memenuhi petunjuk dari kejaksaan, sehingga mengantisipasi jangan sampai karena prosesnya panjang tersangka bebas demi hukum," tutur Ferri.

Dengan beredarnya video tersangka, ia pun mendorong agar penyidik menahan kembali HS, demi menjaga rasa keadilan bagi korban dan masyarakat.

"Jangan sampai karena video HS tersebut masyarakat merasa hukum tajam ke bawah tumpul ke atas," pungkas Ferri. (Andi).***

Leave a comment