Ketahuiah, Ini Empat Jenis Desain WC Duduk yang Ada

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - WC duduk cenderung dianggap kurang baik dari sisi kesehatan. Nyatanya, jenis kloset ini banyak peminat dengan segala macam desain yang ada.

Ya, WC duduk belakangan memang lebih banyak dipakai di ruang publik seperti pusat perbelanjaan, bandara, dan sebagainya. Jenis desain WC duduk inipun beragam.

Nah, perlu diketahui juga jenis desain WC duduk yang sering Anda jumpai. Ini perlu diketahui agar Anda tidak salah menggunakan atau memasangnya di rumah.

Melansir 1000saudara.com, Kamis (2/11/2023), ada empat jenis desain WC duduk yang patut Anda ketahui. Keempat jenis itu memiliki ciri dan keungguan tersendiri.

  1. One Piece WC
    Bagi Anda yang memiliki ruangan terbatas, bisa memilih opsi one piece WC pada kamar mandi Anda. Jenis kloset yang satu ini juga mudah dipasang dan dibersihkan.

Proses pembilasan juga terbilang lebih hemat air dibandingkan dengan WC jongkok. Namun sayangnya, one piece WC harganya lebih mahal daripada two piece WC.

  1. Two Piece WCs
    Sesuai dengan namanya, kloset ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian tangki dan bagian tempat duduk yang terpisah. Namun keduanya akan disatukan pada saat proses pemasangan.

Two pieces WCs ini juga disebut sebagai jenis WC yang ideal karena ketinggiannya sesuai dengan postur untuk orang dewasa. Walaupun proses pemasangannya lebih sulit dari one piece WC, namun harganya relatif lebih murah dan mudah dibersihkan.

Jika terjadi kerusakan pun akan mudah diperbaiki karena Anda hanya perlu membenahi sebagian komponen di dalamnya.

  1. Wall Hung WCs
    Bagi Anda yang mengutamakan tampilan interior yang estetis, maka wall hung WCs jadi opsi yang sempurna. WC duduk ini dipasang menempel di dinding sehingga tampak seperti digantung.

Tangki airnya ditanam di dalam dinding, maka Anda hanya akan melihat dudukan WC serta tuas pembilas atau flush-nya saja.

Anda bahkan bisa menghemat ruangan jika menggunakan jenis WC ini. Tak hanya itu saja, wall hung WCs juga menawarkan kenyamanan yang lebih baik daripada jenis WC lainnya.

  1. Smart WCs
    Kecerdasan buatan saat ini juga mulai diterapkan di kloset duduk. Smart WCs hadir sebagai kloset canggih yang memiliki berbagai fitur otomatis di dalamnya.

Beberapa keunggulan yang bisa Anda temukan pada smart WCs adalah adanya pemanas kursi, pencahayaan melalui gerakan, dan proses bilas otomatis.

Selain itu, jenis WC ini juga dilengkapi dengan fitur penyiraman ganda, pengering udara hangat, dan pengusir bau tak sedap.

Yang jelas, selain menawarkan jenis atau tipe yang beragam, WC duduk juga punya sistem pembilasan yang terdiri dari single flush dan dual flush. Sistem pembilasan single flush umumnya sering ditemukan pada hunian pribadi.
Namun tak sedikit juga fasilitas umum yang menerapkan sistem pembilasan ini. Anda hanya perlu menekan tombol atau menarik tuas yang ada di kloset tersebut untuk membilasnya.

Berbeda halnya dengan single flush yang hanya punya satu tombol, dual flush terdiri dari dua tombol yang umumnya ada di atas tangki WC. Kedua tombol ini terdiri dari tombol untuk membilas proses buang air kecil dan tombol satunya untuk membilas buang air besar.

Air yang terpakai untuk membersihkan limbah cairan buang air kecil tentunya lebih sedikit daripada kebutuhan air untuk BAB.

Demikian soal jenis desain WC duduk yang teah ada. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment