Cuaca Panas dan Mau Pakai AC, Pahami Dulu Tujuh Jenis yang Ada

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Musim kemarau atau cuaca sedang panas, maka air conditioner (AC) adalah solusi ideal. Itulah sebab banyak rumah atau gedung memasang AC dengan ragam jenis.

Ya, dengan AC maka rasa gerah akibat panas segera sirna. Begitupun, ternyata AC memiliki jenis tersendiri dan masing-masing memliki keunggulan.

Maksudnya, dengan memahami jenis AC, Anda akan dapat memilih AC yang tepat agar terhindar dari rasa panas. Artinya jangan asal pilih, belilah sesuai kebutuhan.

Melansir rumah.com, Senin (30/10/2023), setidaknya ada tujuh jenis AC di pasaran. Banyaknya berbagai macam jenis AC ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan orang yang ingin membangun bangunan tertentu.

Mungkin terdengar sepele, tetapi menggunakan jenis AC yang tepat pada bangunan, dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan mereka yang berada di dalamnya.

Nah, supaya tidak salah beli AC, berikut jenis AC yang ada di pasaran:

  1. Jenis AC Split Duct
    Jenis AC yang satu ini mempunyai cara kerja dengan sistem ducting atau mendistribusikan hawa dingin ke seluruh ruangan, sesuai dengan namanya split duct.

AC jenis ini biasanya diletakkan pada bagian langit-langit atau tembok dan bisa ditutupi sehingga sering kali tidak terlihat.

Jenis AC split duct sangat cocok bagi mereka yang ingin memiliki bangunan dengan ruangan yang estetik tanpa perlu merasa terganggu oleh keberadaan pendingin ruangan.

  1. Jenis AC Split Wall
    AC split wall merupakan salah satu jenis AC yang paling sering digunakan oleh orang dan telah digunakan di banyak rumah, perkantoran, dan ruangan dengan aktivitas yang lebih kecil.

Tipe AC ini memiliki dua komponen, yakni satu instansi yang terpasang di dalam ruangan dan satu lainnya berada di luar ruangan.

Sistem kerjanya adalah dengan memanfaatkan pemompaan freon ke koil pendingin melalui jaringan yang sudah terkoneksi dengan pipa sehingga bisa menghubungkan unit yang ada di indoor dan outdoor. Dalam ruangan pun bisa menjadi dingin.

  1. Jenis AC Floor Standing
    AC floor standing adalah AC yang umumnya dipakai untuk bangunan dan rumah yang berukuran standar. AC jenis ini hanya memiliki satu komponen yang dipasang pada ruangan indoor.

Itulah sebab, AC floor standing ini pun lebih simpel dan ringkas.

Jenis AC ini mempunyai sistem kerja yang memanfaatkan air untuk menghasilkan udara dingin. Jika mencari AC yang simpel, jenis AC floor standing ini merupakan pilihan yang tepat.

  1. Jenis AC Cassette
    Jenis AC yang ini memiliki bentuk kotak dengan ruas-ruas yang menempel pada plafon rumah. Biasanya jenis AC Cassette dapat dengan mudah ditemukan pada ruang rapat atau kantor yang berukuran cukup besar.

AC ini bisa memberikan tampilan ruangan yang elegan karena terpasang di langit-langit ruangan. Namun, perlu dipahami kalau instalasinya ada dua sehingga sedikit lebih rumit dan kompleks dibandingkan jenis AC lainnya.

  1. Jenis AC Central
    AC ini biasanya banyak digunakan pada bangunan dengan skala besar seperti mal, kampus, hotel, dan rumah sakit.
    Udara dingin yang dihasilkan dari AC ini didapat melalui proses cooling plant yang berada di luar ruangan bangunan tersebut.

Sesuai dengan namanya, AC Central merupakan AC yang memiliki sistem pengaturan berpusat pada satu tempat saja sehingga tidak bisa sembarangan dimatikan karena AC ini saling mempengaruhi satu sama lain.

  1. Jenis AC Window
    Jenis AC Window mempunyai bentuk kotak dan hanya terdiri dari satu bagian saja sehingga berbeda dengan jenis AC lainnya. AC ini sudah tidak diproduksi lagi karena dianggap ketinggalan zaman dan tidak praktis.

Salah satu alasannya adalah pengoperasiannya yang tidak membutuhkan remote karena harus diatur menggunakan beberapa tombol yang tersedia dan terintegrasi dengan AC ini.

  1. Jenis AC Inverter
    Cara kerjanya mirip dengan AC split wall, tetapi yang membedakannya adalah sistem yang digunakan.

Menggunakan sistem inverter, teknologi yang digunakan dapat mengontrol kecepatan kompresor yang dipakai untuk mendorong aliran freon ke dalam AC.

Atas dasar itulah, AC ini lumayan banyak digunakan oleh orang karena dikenal sebagai AC yang hemat daya dan ramah lingkungan.

Demikian soal tujuh jenis AC yang ada di pasaran. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment