Resmi! Prabowo-Gibran Mendaftar di KPU: 'Kami Siap untuk Maju di hadapan Rakyat'

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sejak Rabu, (25/10), pasangan Calon Presiden (Capres), Prabowo Subianto, dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Gibran Rakabuming Raka, resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasangan Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka merupakan paslon terakhir yang mendaftar di KPU. Sebelumnya, pasangan Anies-Imin dan Ganjar-Mahfud telah mendaftar terlebih dahulu pada pekan lalu.

Walaupun sebagai pendaftar Capres dan Cawapres terakhir, seluruh berkas Prabowo-Gibran sudah diterima oleh KPU. Mereka siap mengikuti prosedur selanjutnya sebelum resmi bertarung untuk Pilpres 2024.

Kedatangan pasangan Prabowo dan Gibran di Gedung KPU RI, Jakarta, terpantau tiba sejak pukul 11.20 WIB. Mereka turun dari kendaraan secara bergiliran, tak lupa menyambut para simpatisan dan awak media.

Keduanya terlihat gembira sembari menenteng kumpulan berkas yang akan diserahkan ke KPU. Baik Gibran dan Prabowo kompak mengenakan outfit yang sama, kemeja berwarna biru dilengkapi pin merah-putih di dada sebelah kiri.

Hadirnya pasangan Capres dan Cawapres yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) disambut meriah. Hal itu bisa terdengar langsung dari sorak gembira dari massa pendukung.

Setelah menyerahkan berkas penting kepada pihak KPU, Prabowo Subianto kedapatan memberikan sepatah kata di depan awak media. Dalam keterangannya, dia dan Gibran sudah siap melanjutkan prosedur pada tahap lanjutan.

Hal itu ditegaskan pula dengan menyinggung visi-misi pasangan paslon KIM. Yakni, berkomitmen membawa Indonesia tumbuh menjadi Negara lebih maju dan makmur.

"Setelah ini, kami akan ikuti semua proses maju dan kami siap untuk maju di hadapan rakyat Indonesia dengan membawa program kami, membawa visi kami, membawa strategi kami untuk melanjutkan pembangunan dan mengantar Indonesia sampai menjadi negara yang maju dan yang makmur," kata Prabowo Subianto di komplek Gedung KPU RI, Jakarta, pada Rabu (25/10).

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga mengucapkan banyak terimakasih, kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya. Hal itu disampaikan dengan mewakili atas nama Koalisi Indonesia Maju.

"Saya, atas nama Koalisi Indonesia Maju, ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua unsur, semua pihak yang telah membantu membawa kami sampai ke hari pendaftaran ini," lanjut Prabowo.

Pendaftaran Prabowo dan Gibran ke KPU juga didampingi beberapa anggota elit partai dalam KIM. Beberapa yang hadir diantaranya adalah Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Penyerahan berkas Prabowo dan Gibran diterima langsung oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asyari, di Ruang Sidang Utama Kantor KPU. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih terhadap koalisi partai yang mendampingi Capres-Cawapres andalan mereka.

"KPU mengucapkan terima kasih atas kehadiran pimpinan gabungan partai politik yang mulai dari mendaftarkan bakal pasangan calon sebagaimana kita tahu dijadwalkan pendaftaran bakal calon adalah tanggal 19-25 Oktober 2023," kata Hasyim.

Selanjutnya, Hasyim menyatakan seluruh berkas dari pasangan Prabowo-Gibran sudah dinyatakan lengkap. Kemudian, akan diproses ke tahap verifikasi tingkat dua.

"Dan berdasarkan info dari tim di Kesekjenan KPU melalui silon, dokumen syarat pencalonan dan syarat calon dinyatakan lengkap," ungkap Hasyim.

Bila dikemudian hari beberapa lembar dokumen sudah lulus di tahap verifikasi kedua, pihaknya akan mengirim surat pengantar agar melakukan pemeriksaan jasmani dan rohani.

Hal ini ditujukan agar para Capres dan Cawapres bisa melakukan tugas sebagai pimpinan Negara. (Dzikrullah) ***

Leave a comment