Lawa, Kuliner Khas Kaltara yang Andalkan Rumput laut atau Timun: Ini Resepnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak - Ada yang menyebutnya lawa gamai atau rumput laut, ada juga lawa timun atau mentimun. Yang jelas, makanan ini adalah kuliner khas Kalimantan Utara (Kaltara), tepatnya dari Kerajaan Bulungan.

Ya, secara garis besar lawa memang berbahan dasar rumput laut atau timun. Kuliner khas Kaltara ini kemudian dikasih bumbu kelapa sagrai dan suwiran udang galah sebagai pelengkap.

Yang jelas, kuliner khas Kaltara ini yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat. Lawa rumput laut atau timun sering dijadikan sebagai menu pembuka untuk mengganjal perut.

Melansir bartzap.com dan sumber lainnya, Kamis (19/10/2023), lawa gamai seperti lalapan yang terdiri atas rumput laut yang diberi bumbu lawa. Yakni, kelapa parut sangrai tumbuk.

Selain itu, bumbu juga mengandung air jeruk nipis, gula pasir, garam, cabai rawit, bawang merah, dan terasi. Pun, suwiran udang galah sebagai pelengkap.

Udang galah atau udang raja merupakan udang yang memiliki ukuran besar, sangat sering dijumpai di wilayah Kalimantan. Anda juga biasa mengganti udang dengan hasil laut lainnya seperti kerang-kerangan

Dengan kata lain, lawa gawai atau rumput laut bak jembatan menuju main course yang gurih dan lebih berat. Rasanya ringan dan samar. Tidak ada yang berlebih.

Asin, manis, asam, pedas dan gurih berpadu pada komposisi yang pas. Artinya tak ada satu pun rasa yang mendominasi rasa lainnya.

Sementara lawa timun sedikit berbeda. Buah timun yang berkarakteristik hambar dan kaya air, diolah dengan bumbu lawa sehingga menaikkan cita rasanya. Rasa lezat semakin nyata setiap kali irisan mentimun berbumbu tersebut pecah dalam kunyahan.

Nah, berikut resep dan cara membuat lawa gamai aau rumput laut secara umum:

Bahan:

  • 400 gr rumput laut putih siap santap
  • 6 ekor udang ukuran besar, kupas
  • 1/2 butir kelapa agak muda, parut
  • 2 sdm minyak sayur

Bumbu

  • 10 butir bawang merah, haluskan
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt terasi bakar
  • 2 sdm bawang daun, iris halus (untuk taburan)

Cara Membuat

  1. Panaskan minyak
  2. Tumis udang hingga matang, setelah itu angkat
  3. Iris udang menjadi dua setelah tidak panas, lalu sisihkan
  4. Sangrai kelapa hingga kecokelatan, kemudian angkat
  5. Campur kelapa, udang, rumput laut, dan bumbu. Beri taburan berupa irisan bawang daun tadi
  6. Sajikan segera di wadah dan siap disantap

Demikian tentang lawa, kuliner khas Kaltara, yang berbahan daras rumput laut atau timun serta resep dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat. (Adelina).***

Leave a comment