Enam Kuliner Khas Kaltara yang Jarang Ditemui di Tempat Lain: dari Lawa hingga Sate Temburung

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Kalimantan Utara (Kaltara) bisa dikatakan provinsi muda di Indonesia, baru diresmikan pada Oktober 2012. Kuliner khas Kaltara ini pun secara langsung muncul, sebut saja lawa dan sate temburung.

Namun, bukan berarti kuliner khas Kaltara yang dimaksud baru muncul seiring pembentukan provinsi baru. Lawa dan sate temburung beserta sajian telah lama ada dan eksis di kawasan ini.

Ya, selain lawa dan sate temburung masih cukup banyak kuliner khas Kaltara yang lain. Dan, kebanyakan sajian tradisional dari Kaltara memang didominasi oleh makanan laut alias seafood.

Melansir borneochannel.com, Kamis (19/10/2023), provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini dihuni oleh ragam suku. Jawa cenderung banyak karena ada program transmigrasi di era lalu.

Selain itu, Kaltara dihuni oleh Suku Dayak, Banjar, Bulungan, Tidung, Kutai, dan sebagainya. Pun ada pula penduduk yang berasal dari Pulau Sulawesi.

Artinya, dari sisi kuliner, akulturasi budaya sangat meungkin terjadi. Begitupun makanan 'asli' yang memanfaatkan kekayaan alam Kaltara telah lama ada.

Berikut enam dari sekian banyak daftar kuliner khas Kaltara:

  1. Lawa
    Lawa merupakan salah satu kuliner khas yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat Kaltara. Makanan ini merupakan makanan khas Kerajaan Bulungan, salah satu kerajaan di daerah Kaltara.

Makanan khas nan unik ini berbahan dasar dari beberapa bahan dasar dari sayuran yang menyegarkan seperti timun atau rumput laut. Bahan dasar tersebut kemudian dicampur dan dibumbui kelapa sangrai dan udang galah.

Udang galah atau udang raja merupakan udang yang memiliki ukuran besar, sangat sering dijumpai di wilayah Kalimantan. Masyarakat juga biasa mengganti udang dengan hasil laut lainnya seperti kerang-kerangan.

Makanan ini sering dijadikan sebagai menu pembuka untuk mengganjal perut. Dengan bahan-bahan segar membuat lawa sangat berguna untuk mengurangi kolesterol maupun tekanan darah tinggi.

  1. Kepiting Soka
    Kaltara juga sangat terkenal dengan kuliner seafoodnya. Salah satu yang sangat terkenal ialah kepiting soka. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan khas Kaltara ini di Kota Tarakan.

Kepiting soka atau sering disebut dengan kepiting lemburi “soft shell crab” adalah sebutan untuk kepiting yang dikonsumsi dengan keadaan kulit yang masih lunak karena baru berganti kulit atau moulting.

Cangkang yang baru berganti masih dalam keadaan lembut sehingga dapat langsung dikonsumsi tanpa perlu untuk bersusah payah mengupasnya, tentunya harus dimasak terlebih dahulu.

Kepiting menjadi primadona di kalangan para pecinta kuliner, di samping rasanya yang lezat, kepiting ini memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Kepiting merupakan makanan yang rendah lemak, sumber mineral, tinggi protein, dan vitamin.

Kepiting soka biasanya disajikan dalam penyajian tumis saos. Kulit lembut memungkinkan bumbu untuk merasuk ke dalam daging kepiting, pastinya akan membuatnya lebih nikmat.

  1. Keppah
    Kuliner laut lain yang terkenal di Kaltara adalah keppah. Keppah merupakan makanan tradisional khas yang menjadi favorit di Kota Tarakan.

Adapun keppah merupakan salah satu jenis kerang laut yang banyak ditemui di Tarakan. Binatang ini dapat Anda temukan di laut atau pantai yang berlumpur.

Keppah biasa disajikan dalam bentuk tumis keppah. Ditumis dengan beberapa rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa. Ditambah lagi dengan sambah jeruk nipis.

Masyarakat juga kerap menikmati kuliner ini dengan es kelapa muda sebagai pelengkap.

  1. Tudai
    Selain keppah, terdapat pula kerang lain yang dapat dijadikan kuliner nikmat di Kaltara. Kerang tersebut bernama tudai. Tudai merupakan kerang berdaging tebal yang memiliki cangkang berwarna hitam dan jingga.

Anda dapat menemukan kerang ini di daerah Bulungan. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah menemui kuliner ini di daerah Tanjung Selor.

Tudai biasa disajikan dengan direbus atau dijadikan sambal goreng. Makanan ini biasa disajikan pada acara-acara tertentu seperti pesta pernikahan.

  1. Nasi Udang
    Nasi udang juga merupakan salah satu kuliner laut andalan di Kaltara. Makanan ini berasal dari daerah Labupaten Malinau.

Udang disajikan dengan cara digoreng dan kemudian dilengkapi dengan nasi pulen lengkap dengan sambal pedas. Tentu merupakan cobaan yang sangat berat jika belum merasakan makanan khas Kaltara yang satu ini.

  1. Sate Temburung
    Temburung merupakan salah satu jenis hewan laut sejenis kerang. Adapun perbedaan temburung dengan keppah atau kerang lainnya adalah pada bentuk cangkangnya berbentuk melingkar seperti terompet.

Makanan khas Kaltara yang satu ini sangat nikmat jika disajikan dalam bentuk sate. Masyarakat Kaltara sering mengadakan pesta makan sate temburung pada saat acara pergantian tahun baru.

Demikian enam kulner khas dari Kaltara. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment