Megawati Tunjuk Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar, Pengumuman Tak Dihadiri Jokowi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri mengumumkan Calon Wakil Presiden atau Capres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Sosok yang dipilih Megawati sebagai Cawapres Ganjar Pranowo itu, adalah Menkopolhukam Republik Indonesia, Mahfud MD.

Pengumuman cawapres ini disampaikan Megawati Soekarno Putri di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023) pagi. Disiarkan secara langsung di berbagai televisi nasional.

Selain Megawati, pengumuman itu juga dihadiri Ketua Partai Pengusung Ganjar. Hadir dalam pengumuman itu, Plg Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umim Hanura, Oesman Sapta Oedang, Ketua Umum Perindo Hari Tanoesoedibjo. Namun, Presiden Joko Widodo yang juga kader PDI Perjuangan tak hadir dalam agenda penting ini.

Untuk diketahui, nama Mahfud MD memang sebelumnya menguat menjadi Cawapres Ganjar. Sebab, malam hari sebelum pengumuman ini, Mahfud diketahui bertemu Megawati.

"Dengan mengucapkan Bismillah calon Wapres yang dipilih PDIP untuk mendampingi Ganjar adalah bapak Prof Mahfud MD," kata Megawati dalam pidatonya.

Megawati mengaku tak mudah memutuskan siapa yang akan dijadikan sebagai pemimpin bangsa dan negara. Perenungannya panjang. Termasuk dalam memilih Cawapres.

"Saya menerima masukan dari semua Ketua Partai. Juga mendegar masukan tokoh. Semua dirumuskan siapa yang tepat mendampingi ganjar. Hari ini, saya dengan mantap mengambil keputusan," ujar Megawati.

Menurut Megawati, Mahfud adalah sosok yang tak asing. Sebab, pernah menjadi Anggota Dewan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP.

"Waktu beliau dipilih Menkopolhukam saya guyon. Saya ini dari Presiden turun jadi BPIP, tapi bapak langsung meroket," kata Megawati guyon.

Mengawati menilai pengetahuan Mahfud dalam hukum sangat cocok menjadi Cawapres. Mahfud Punya pengalaman lengkap di legislatif, eksekutif dan yudikatif.

"Prof Mahfud juga dikenal sebagai pendekar hukum rakyat," ucapnya. (andi)***

Leave a comment