4 Kendala Umum TWS Tidak Terhubung di HP: Lengkap dengan Cara Mengatasinya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pembahasan mengenai 4 kendala umum True Wireless Stereo atau TWS tidak terhubung di HP ini, bakal diiringi dengan uraian tentang cara mengatasi problem tersebut.

Pengguna earbuds wireless memang sudah lumrah. Namun, masih saja terdapat 4 kendala umum TWS yang mengakibatkan tidak bisa memiliki koneksi ke HP. Banyak faktor yang menjadi penyebab utamanya.

Meski dalam artikel ini akan diulas 4 kendala umum TWS yang mengakibatkan tidak memiliki koneksi di HP. Pembahasan kali ini juga memberikan solusi untuk mengatasi problem tersebut.

Di era sekarang, TWS tidak hanya dirajai oleh jenis AirPod saja. Banyak sekali merk earbud yang juga menguasai pasar, salah satunya JBL, Samsung, Angker, dan banyak lagi lainnya.

TWS sendiri bekerja dengan sistem nirkabel, alias biasa dikenal dengan wireless. Audio dari ponsel bisa dihubungkan dengan sistem jaringan Bluetooth, sehingga suaranya bisa didengar oleh pengguna.

Walaupun sudah tergolong canggih, produk TWS sendiri kadang mengalami kendala. Lumrahnya, koneksi antara earbud dengan ponsel tidak bisa didengar dengan cukup jelas.

Masalah ini sudah sering dijumpai. Terdapat beberapa hal yang menjadi salah satu penyebabnya, salah satunya lantaran mengalami error.

Di lain pihak, tidak tersambungnya audio ke HP bisa jadi memang disebabkan oleh jenis koneksi tidak sinkron. Jadi, perangkat earbud dan smartphone tidak bisa mencocoki satu dengan yang lain.

Agar bisa mencari solusinya, simaklah 4 kendala umum TWS yang tidak terhubung di HP beserta solusinya:

  1. Koneksi Tidak Kompatibel.

Salah satu penyebab TWS tidak terhubung dengan smartphone, yakni lantaran earbud tidak memiliki jenis koneksi yang kompatibel dengan perangkat elektronik.

Sebagai contoh utamanya, jenis Bluetooth yang ditangkap oleh TWS tidak memiliki versi yang sama. Karena hal tersebut, suara yang dikeluarkan bisa tidak normal atau memang tidak bisa didengar sama sekali.

Oleh sebab itu, bila hendak memilih TWS pastikan mengetahui spesifikasi jenis minimal Bluetooth yang dipakai.

Misal, earbud hanya bisa terhubung dengan jaringan Bluetooth 5.2. Bisa dipastikan versi Bluetooth 5.0 tidak bisa kompatibel dengannya, sebaliknya bila jenisnya diatas ketentuan tersebut audio pun bisa terhubung.

  1. Cek Jangkauan.

Penyebab kedua karena masalah jangkauan. Problem ini tidak terlalu signifikan, serta mudah diatasi.

Kendala masalah jangkauan ini biasanya terjadi lantaran jarak TWS yang ada di telinga dengan HP, terlalu jauh. umumnya, Bluetooth bisa menangkap dalam jangkaun batas 10 meter.

  1. Matikan Koneksi Sementara.

Bila penyebab utama TWS tidak terhubung karena kendala error semata. Langkah yang bisa diambil dengan cara memutus hubungan koneksi, kemudian matikanlah earbud sementara waktu.

Caranya cukup mudah dilakukan, geser layar ponsel ke bawah. Kemudian cari menu Bluetooth, matikanlah koneksi tersebut.

Cara lainnya bisa ditempuh melalui menu pengaturan, berikut langkahnya:

  • Masuk ke 'Pengaturan' ponsel.
  • Geser layar ke bawah, hingga menemukan menu 'Bluetooth'.
  • Carilah jenis TWS yang terhubung dengan HP.
  • Putus jaringan TWS tersebut.
  1. Reset TWS.

Mereset TWS biasanya menjadi cara alternatif paling akhir. Hal ini akan mengakibatkan pengaturan TWS akan kembali ke mode pabrik.

Kamu tidak perlu bingung tentang cara mereset TWS, simaklah uraian di bawah ini:

  • Bila terdapat tombol reset di kedua earbud, pencetlah tombol daya tersebut.
  • Atau, pengguna bisa memasukkannya terlebih dahulu ke casing earbud. Barulah kemudian menekan tombol reset yang terletak di casing.
  • Sambungkan kembali TWS dengan jaringan Bluetooth yang ada di HP.

Demikianlah uraian mengenai 4 kendala utama TWS tidak terhubung dengan HP. Semoga cara di atas membantumu. (Dzikrullah) ***

Leave a comment