2 Tips Amankan Akun Google dari Serangan Siber: Peretas Akan Kesulitan Membobol Akun

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Peretasan di dunia maya kerap menjadi masalah serius. Oleh sebab itu, begini 2 tips amankan akun Google supaya tidak menjadi incaran para hacker.

Melakukan 2 tips amankan akun Google yang akan dibahas kali ini, sama saja berusa agar tidak memberikan celah kejahatan siber. Artinya, pengguna bisa aman dari kejahatan dunia maya.

Pembahasan mengenai 2 cara amankan akun Google ini membasah dari beberapa aspek. Bahkan, salah satunya ada yang berkaitan dengan perangkat lunak yang ada didalamnya.

Akun Google sendiri merupakan salah satu yang krusial di zaman sekarang. Pasalnya, akun tersebut tidak hanya berguna untuk mengakses pencarian internet.

Melainkan, pada kesempatan yang sama pengguna juga bisa memakainya untuk registrasi game online atau media sosial lain. Tak jarang pula sebagian orang mendaftarkan akun Google ke layanan perbankan.

Lantaran sifatnya krusial, perlu bagi kamu untuk mengamankan akun Google secara benar. Upaya ini tidak lain berguna agar peretas tidak bisa menguras uang pengguna yang ada di bank.

Fungsi utama lainnya, yakni dengan mengetahui cara mengamankan akun Google peretas tidak bisa mencuri data, untuk dijadikan bahan penipuan.

Pengamanan akun Google bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui fitur verifikasi dua langkah, sehingga akun mendapat proteksi ganda.

Supaya dapat mengetahui 2 tips amankan akun Google ini, simak ulasan di bawah ini dengan baik:

  1. Rajin Perbarui Google.

Upaya pertama yang bisa dilakukan agar akun Google tidak mudah diretas, yakni dengan cara rajin memperbarui mesin pencarian Google.

Bagi sebagian orang, tindakan ini tidak dianggap penting dan membuang waktu. Faktanya, memperbarui aplikasi dapat membuat peretas kesulitan ketika berusa membobol.

Sebab, semakin lama versi aplikasi yang terinstal di smartphone dan laptop, semakin mudah pula sistem keamanannya untuk diretas.

Berbanding balik dengan kasus yang sering memperbarui aplikasi. Hal itu membuat sistem keamanan dari aplikasi mendapatkan update terbaru.

  1. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah.

Setelah rajin melakukan pembaruan aplikasi, langkah selanjutnya agar memperkokoh keamanan akun dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah.

Sistem ini bekerja dengan melapisi akun yang bakalan dilindungi oleh kode unik. Sehingga, peretas harus melalui tahap ini sebelum dapat mencuri data.

Bila merasa bingung untuk melakukan verifikasi 2 langkah, simak cara di bawah ini:

  • Buka aplikasi mesin pencarian Google.
  • Klik foto profil pengguna untuk masuk ke pengaturan akun.
  • Pilih opsi 'Kelola Akun Google Anda'.
  • Tap pilihan 'Keamanan'.
  • Selanjutnya, pada tampilan 'Cara Anda Login ke Google' pilih 'Verifikasi Dua Langkah'.
  • klik opsi 'Verifikasi Dua Langkah'.
  • Lanjutkan dengan tap 'Mulai'.
  • Pilih 'Lanjutkan' di tampilan 'Gunakan Ponsel Anda Sebagai Langkah Kedua untuk Login'.
  • Isilah data yang diminta Google, biasanya nomor ponsel.
  • Lakukan instruksi 'Konfirmasi' supaya nomor ponsel yang didaftar benar-benar masih aktif.

Demikianlah pembahasan mengenai 2 tips amankan akun Google dari percobaan peretasan. Semoga bermanfaat! (Dzikrullah)***

Leave a comment