Belasan Karya Perupa Terbaik Dipamerkan di Ajang Festival Kampung Caping 2023

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sebanyak 19 karya perupa asal kalbar, memamerkan hasil karyanya di ajang Festival Kampung Caping 2023.

Karya yang dipamerkan tersebut telah melewati tahapan seleksi, yang sebelumnya diikuti oleh oleh perupa dari berbagai tingkat pelajar, mahasiswa hingga umum asal Kalbar.

Lukisan karya perupa ini, menampilkan berbagai objek yang diaplikasikan secara visual dalam karya seni lukis.

Masing-masing seniman, melukiskan hasil karya yang mampu mengungkapkan realistis dari tema yang diangkat, yang dituangkan ke dalam canvas menggunakan cat akrilik.

“Ada yang tema mengangkat tentang pasar Kalbar, dalam arti memang diharapkan mereka tidak mengarang, jadi ada referensi pasar yang menjadi objek yang dituangkan ke dalam karya seni lukis,” ungkap Puji Rahayu selaku Koordinator Perupa Kalbar, Jumat (13/10/2023).

Penting bagi seorang seniman, dalam karyanya memberikan gambar situasi lingkungan, kemudian menceritakan tentang apa yang menjadi keunikannya, sehingga tertarik untuk menjadikannya sebuah karya.

“Salah satu memang yang tertangkap waktu di pasar, melihat pasarnya ramai tidak menarik. Bagi saya datang berkali-kali, ternyata ada poin yang menarik itu ada orang yang terlalu kasar,” jelas Puji.

Ia mengungkapkan, melalui adanya kegiatan ini dapat memberikan ruang yang terbuka kepada anak-anak muda, untuk terus berkreatif dan berkarya.

“Masing-masing seniman punya ciri khas, yang dapat diambil nilai baiknya untuk dikembangkan. Mungkin untuk refernsi boleh, bukan berarti meniru agar dapat mengembangkan imajinasi dan kemampuan tekniknya,” pungkasnya (Evi)***

Leave a comment