Keunikan Air Terjun Semolon Malinau: Bertingkat Sembilan dan Berair Panas

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Biasanya air terjun berarus deras, jatuh dengan kencang dari ketinggian. Tidak dengan Air Terjun Semolon Malinau, di sini lebih lembut karena memiliki sembilan tingkat dan berair panas.

Ya, Semolon adalah air terjun yang berada di Kabupaten Malinau Kalimantan Utara (Kaltara). air terjun yang memiliki sembilan tingkat dengan dua sumber yakni air dingin dan air panas.

Menariknya, meski tidak berarus deras, karena terdiri dari sembilan tingkat, Air Terjun Semolon Malinau ini memiliki potensi listrik hingga 10 megawatt (MW) dengan memanfaatkan panas bumi.

Melansit malinau.go.id dan panasbuminews.com, Kamis (12/10/2023), Air Terjun Semolon berada di Desa Paking, Kecamatan Mentarang. Atau, 44 kilomeneter dari Kota Malinau, ibukota Kabupaten Malinau.

Untuk mencapai air terjun ini dibutuhkan waktu sekitar 1,5- 2 jam perjalanan dari Malinau. Sebuah perjalanan yang menyenanglan karena Anda akan disuguhi pemandangan pepohonan hijau dan indah.

Apalagi, sesampai di tempat tujuan, Anda akan disambut akan pemandangan air terjun yang sangat unik panorama batu alam yang tersusun bertangga sebanyak sembilan tingkat dan setiap tangga membentuk kolam.

Sekilas, tangga-tangga yang asli bikinan alam tersebut merupakan hasil pahatan manusia. Pasalnya, bentuknya tersusun rapi mirip tangga candi yang dibuat oleh nenek moyang dulu.

Dan, karena airnya melewati tangga-tangga yang jumlahnya sembilan tadi, maka air panas yang jatuh tetap lembut, tak keras atau menghentak. Jadi jangan bayangkan air terjun seperti kebanyakan.

Sumber air terjun ini mempunyai dua mata air, sebelah kiri terasa dingin sedangkan sebelah kanan terdapat sumber air yang panas. Hangatnya air yang mengalir mempunyai khasiat untuk kesehatan kulit dan menambah stamina.

Karena itu, tak heran jika orang yang berkunjung ke Semolon tak semata-mata untuk wisata, tapi juga melakukan pengobatan alternatif. Menariknya, airnya tidak berbau belerang.

Bagi Anda yang belum pernah ke Semolon ada baiknya mengajak keluarga untuk mengunjungi Air Terjun Semolon ini dijamin Anda akan kagum dengan pemandangan di sekitar obyek wisata yang sangat indah dan menyenangkan untuk dinikmati.

Di kawasan ini juga tersedia berbagai fasilitas. Contohnya gazebo, tempat pertemuan/acara, jembatan gantung, jalan setapak, bahkan lapangan volly rumput.

Nah, air panas yang mengalir dan keluar dari perut bumi di Air Terjun Semolon ini adalah indikasi bahwa Kabupaten Malinau memiliki potensi energi panas bumi.

Pihak Kementerian ESDM pun sempat melakukan survei pendahuluan untuk menyelidiki potensi panas bumi di Semolon. Hasilnya, ternyata Semolon memiliki potensi panasbumi 10 MW.

Tak hanya berbasah ria menikmati air panas, di Semolon juga pengunjung bisa melakukan arum jeram yang dipandu oleh atlet arung jeram berpengalaman.

Bagi anak-anak, di sini pun tersedia arena permainan anak yang dijamin membuat si buah hati bergembiar ria. Kemudian ada sarana outbound, arena bersepeda, dan fasilitas lain.

Demikian soal Air Terjun Semolon di Kabupaten Malinau, Kaltara. Air terjun sembilan tingkat yang punya sumber air panas. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment